5 Pesawat Tempur Andalan TNI AU

  • Jumat, 22 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa Saja Ya Pesawat Tempur Andalan TNI AU ? Simak Informasi Ini

bimbeltnipolri.co.id - Hallo sobat akses siapa diantara kalian yang ingin bercita cita menjadi seorang TNI AU dan menjadi pilot pesawat tempurnya ? pasti banyak kan diantara kalian yang ingin menjadi seorang anggota TNI AU dan menjadi pilot pesawat tempurnya, pasti sangat membanggakan sekali bukan. Namun kamu sudah pada tahu belum apa saja pesawat tempur yang menjadi andalan di TNI AU ? pasti pada penasaran kan apa saja ya pesawat tempur yang menjadi andalan TNI AU simak informmasi ini yuk seperti yang dikutip dari nasional.sindonews.com berikut ini adalah:

 

5 Pesawat Tempur Andalan TNI AU

 

 

1. BAe Systems Hawk

Pesawat tempur ini merupakan jenis pesawat latih yang berasal dari Britania Raya yang dilengkapi radar modern APG-66 (khusus varian Mk 200) dan rudal AIM-9 Sidewinder. Pesawat ini melengkapi armada di TNI-AU sejak 1997. Hawk Mk 209 merupakan varian single seater dari keluarga Hawk. Pesawat jet ini dikhususkan untuk mengemban misi air superiority dan ground attack.

 

2. Embraer EMB 314 Super Tucano

EMB-314 Super Tucano sebenarnya didesain sebagai pesawat latih. Namun pesawat ini punya kemampuan lanjut Counter Insurgency atau anti-perang gerilya. Dari desainnya, pesawat ini sangat pas untuk mendukung misi-misi pengintaian, close air support, dan penumpasan pemberontak. Sistem senjata internal mutlak hadir di EMB-314 Super Tucano. Elemen organiknya adalah dua buah SMB atau senapan mesin berat dengan kaliber 12,7mm jenis FN Herstal M3P yang ditempatkan di setiap sayapnya. Koleksi senjata yang bisa dibawa bom jenis MK-81/MK-82, bom cluster, rocket pod FFAR, dan rudal berpemandu laser, sekelas Maverick. Untuk menghadapi duel di udara, EMB-314 Super Tucano juga dapat membawa rudal anti pesawat jenis AIM-9L Sidewinder atau MAA-A1 Piranha. TNI AU memiliki 16 pesawat yang dibeli dari Brasil pada 2012 lalu. Ke-16 pesaswat ditempatkan di Skadron 21 Abdurahman Saleh Malang.



3. Lockheed Martin F-16 Fighting Falcon

F-16 Fighting Falcon ini sudah dipersenjatai dengan senjata-senjata modern dan mematikan seperti, Advance Medium Range Air To Air Missile AAMRAM-C, Air Intercept Missile AIM-9 X, Laser JDAM, Air to Ground Missile AGM-65 D/G dan Advanced Targeting Pod. Di antara teknologi paling menonjol dari pesawat ini adalah sistem radarnya. New radar APG-68(V)9 yang dibenamkan pada sistem pesawat mampu mendeteksi sasaran di atas permukaan yang lebih jauh atau meningkat lebih dari 30% dari radar sebelumnya. Radar ini juga memiliki beberapa fitur baru antara lain, dapat melakukan akuisisi beberapa target sekaligus untuk penembakan rudal dari udara ke udara. Secara khusus peningkatan kekuatan radar adalah salah satu hal yang menjadi game changer. Sehingga pesawat dapat mengunci dan menembak empat target udara secara simultan. Tidak hanya itu pesawat ini juga mampu menembak target tanpa harus melihat. F-16 membawa smart ammunition, bisa melakukan penembakan tanpa melihat dan juga punya kamera yang super canggih yang bisa melihat secara detail, sangat presisi.

 

 

4. Sukhoi Su-27

Pesawat tempur Sukhoi Su-27 punya jarak jangkau yang jauh, persenjataan yang berat, dan kelincahan serta manuver yang tinggi. Pesawat ini sering disebut hasil persaingan antara Sukhoi dengan Mikoyan-Gurevich, karena Su-27 dan MiG-29 berbentuk mirip. Namun, Su-27 dirancang sebagai pesawat interseptor dan pesawat tempur superioritas udara jarak jauh, sedangkan MiG-29 dirancang untuk mengisi peran pesawat tempur pendukung jarak dekat.

 

5. Sukhoi Su-30

Sukhoi Su-30 dikembangkan negara Rusia pada 1996. Su-30 merupakan pesawat tempur multifungsi, yang efektif dipakai sebagai pesawat serang darat yang disandingkan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle buatan Amerika Serikat.
 

Nah itu dia 5 Pesawat Tempur Andalan TNI AU yang dikutip dari nasional.sindonews.com, semoga menambah wawasan kamu ya.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes TNI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes TNI, berikut ini adalah program TNI by bimbel akses :

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

Nah itu dia program TNI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes TNI semakin besar, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :

https://nasional.sindonews.com/read/830357/14/selain-t-50i-golden-eagle-ini-5-deretan-pesawat-tempur-andalan-tni-au-1658196470/

Subscribes Channel Youtube Kami