6 Cara Agar Kuat Push Up Dari Hari ke Hari

  • Kamis, 30 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Bagaimana Cara Agar Kuat Push Up ? Simak Informasi Ini

bimbeltnipolri.co.id - Dalam tes Jasmani atau kesamaptaan POLRI ada berbagai macam tahapan salah satu diantaranya adalah tahapan tes PUSH UP, lalu apa sih PUSH UP itu dikutip dari kompas.com Push-up merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik untuk melatih kekuatan otot bagian atas. Adapun, sikap awal push-up yang benar yaitu badan tengkurap dan kedua tangan dilipat di samping badan. Push-up adalah latihan fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kebugaran jasmani.


Lalu bagaimana cara agar kuat PUSH UP dari hari ke hari untuk menghadapi  tes jasmani atau kesamaptaan POLRI ? seperti yang dikutip dari hellosehat.com berikut ini adalah tips  cara agar kuat PUSH UP dari hari ke hari :

 

 

Cara Agar Kuat PUSH UP Dari Hari ke Hari

 

1. Lakukan teknik push-up yang benar


Pastikan dulu bahwa Anda telah melakukan teknik dasar push-up yang benar. Jika belum yakin, fokuslah dulu melatih teknik push-up Anda sampai benar.

Lakukan dengan pelan-pelan tanpa gerakan yang terburu-buru. Rasakan bagaimana seharusnya tubuh Anda bergerak.

Tidak menerapkan teknik yang benar justru akan berisiko menimbulkan cedera saat olahraga.

Setelah gerakan push-up Anda sempurna, atau setidaknya hampir sempurna, Anda bisa menentukan target pengulangan push-up, tentunya sesuaikan dengan kemampuan Anda.

 

2. Mulai dengan latihan push-up dasar yang rutin


Lakukan latihan push-up dengan teratur setiap harinya dengan menentukan pada hari apa Anda akan melakukan latihan. Lakukan latihan dasar dengan tiga set pengulangan, istirahat tiap set 30 detik.

Setiap minggu, terus lakukan dan tambahkan jumlah repetisi tiap set yang Anda lakukan sebanyak 2 – 3 kali.

Cobalah mulai cara agar kuat push-up ini dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, seperti joging, bersepeda, atau lompat tali.

 

3. Gunakan beban tambahan pada latihan push-up


Untuk membuat otot Anda semakin kuat mengangkat beban, Anda bisa melatihnya dengan menambah pemberat saat push-up.

Anda dapat menggunakan rompi pemberat atau menggunakan ransel yang berisi pasir.

Beban tambahan ini mengharuskan tubuh bekerja lebih keras, tetapi tubuh Anda akan terasa lebih ringan saat beban dilepas.

Jika ingin menambahkan pemberat, pastikan teknik dasar push-up Anda sudah benar. Jangan sampai justru pemberat menyebabkan cedera tulang punggung karena kesalahan teknik.

 

 

4. Lakukan variasi gerakan push-up


Setelah Anda melakukan gerakan push-up yang benar, Anda bisa menambah kemampuan otot dengan cara memvariasikan latihan.

Seperti mulai dari bagian telapak kaki ditinggikan, melakukan tepuk tangan di antara pengulangan push-up (push-up plyometric), atau mengangkat salah satu kaki saat push-up, dan lain sebagainya.

Selain posisi, Anda bisa mengubah-ubah penempatan tangan Anda saat melakukan gerakan push-up agar kemampuan push-up semakin meningkat.

Melakukan push-up dengan posisi siku yang cenderung menempel pada tubuh (tertutup), tidak terbuka ke samping akan membuat tubuh bekerja lebih berat.

 

5. Akhiri latihan push-up dengan latihan plank


Cara agar kuat push-up berikutnya adalah melakukan gerakan plank di menit terakhir latihan push-up.

Cobalah untuk latihan plank setidaknya 30 detik hingga satu menit terakhir saat latihan push up. Plank dapat meningkatkan kekuatan otot sangat dibutuhkan saat melakukan push-up.

Plank juga menjaga stabilitas dan melatih otot inti khususnya perut agar semakin kencang. Ini sangat penting untuk push-up sebab Anda harus bisa menahan otot perut agar tidak menempel pada matras.

 

6. Istirahat yang cukup


Jika Anda melakukan latihan push-up hingga benar-benar kelelahan, berikan waktu tubuh untuk beristirahat setidaknya satu hari agar pemulihan optimal.

Apabila Anda memaksakan diri untuk terus melakukan latihan push-up saat tubuh merasa sangat lelah ini tidak akan meningkatkan kemampuan push-up Anda.

Terus memaksakan latihan justru bisa mengakibatkan penurunan kekuatan dan daya tahan otot.

Jika Anda merasakan sensasi nyeri di tubuh bagian atas, bahu, atau pergelangan tangan, hentikan latihan untuk istirahat sejenak.

 

Nah itu dia cara agar kuat PUSH UP dari hari ke hari yang dikutip dari hellosehat.com, semoga membantu kamu ya untuk mnghadapi tes jasmani atau kesamaptaan POLRI.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes POLRI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes POLRI, berikut ini adalah program POLRI by bimbel akses :

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

Nah itu dia program POLRI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes POLRI semakin besar, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
- https://www.kompas.com/sports/read/2021/12/01/21000018/sikap-awal-push-up
- https://hellosehat.com/kebugaran/kekuatan/kemampuan-push-up-yang-benar/

Subscribes Channel Youtube Kami