Apa Saja Tes Jasmani dan Kesamaptaan TNI ? Simak Informasi Ini

  • Rabu, 6 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Ini Tahapan Tes Kesamaptaan POLRI

bimbeltnipolri.co.id - Salah satu tes dalam tahap masuk TNI adalah tes kesmaptaan, dimana dalam tes ini menuntut fisik yang fit dan prima karena untuk menjadi seorang anggota TNI harus memiliki fisik yang fit, kuat dan prima. Karena tugas mulia dari TNI yaitu menjaga keutuhan dan kemanan Negara Kesatuan Republik Indonesia maka tidak heran mengapa untuk menjadi seorang anggota TNI dituntut untuk memiliki fisik yang fit dan prima.

 

Namun untuk kamu sudah pada tahu belum apa saja yang diujikan untuk tes kesamaptaan TNI ? Apa saja sih yang termasuk dalam tes kesampataan TNI ? seperti yang dikutip dari www.koranmiliter.com berikut ini adalah :

 

Tes Jasmani dan Kesamaptaan TNI

 

 

1. Lari 

 

Tes jasmani pertama yang akan kamu hadapi bila ingin jadi prajurit TNI yaitu lari. Pada tahapan ini, calon prajurit TNI akan diuji untuk berlari selama 12 menit.

Untuk dapat dinyatakan lolos pada tes satu ini, setiap calon prajurit TNI harus berlari sejauh minimal 2400 meter sampai dengan 3200 meter selama 12 menit. Tes lari ini biasa dilakukan di stadion.

 

2. Pull Up (Pria) dan Chinning ( Wanita)

 

Pull Up dan Chinning menjadi tahapan tes jasmani selanjutnya yang akan kamu hadapi.

Pull up untuk calon pria gerakannya diawali dengan bergantung pada sebuah tongkat horizontal kemudian menarik badan ke atas sampai dagu melewati tongkat itu dan kembali turun.

Dalam melakukan gerakan Pull Up, sikap kaki harus lurus ke bawah dan tidak boleh mengayun. Untuk dapat dinyatakan lolos pada tahapan ini, kamu harus mampu melakukan pull up minimal 10 sampai dengan 18 kali secara sempurna dalam kurun waktu 1 menit.

Sedangkan Chining adalah gerakan dengan berdiri di depan tongkat mendatar dengan posisi tongkat dengan dada selaras dan kaki tetap menginjak tanah.

gerakan Chinning dimulai dengan menarik badan ke depan dan kembali ke belakang. untuk dapat dinyatakan lolos pada tahap ini, kamu harus mampu melakukan gerakan Chinning minimal 40 kali secara sempurna dalam kurun waktu 1 menit.

 

3. Sit Up

 

Sit Up merupakan tahapan tes selanjutnya yang akan kamu hadapi. pada tahapan ini kamu akan akan diminta melakukan gerakan Sit Up.

Gerakan Sit Up yang baik dan benar adalah dimulai dari posisi berbaring dengan lutut dan kaki menapak di lantai. kemudian letakkan kepala kamu pada kedua telapak tangan.

Lalu angkat badan ke atas dengan salah satu siku tanganmu masuk diantara lutut kemudian turunkan badan kembali ke posisi berbaring seperti semula.

Untuk dapat dinyatakan lolos pada tahapan ini, kamu harus melakukan gerakan Sit Up yang baik dan benar minimal sebanyak 42 kali.

 

 

4. Push Up

 

Push Up merupakan tahapan tes selanjutnya. untuk calon pria, gerakan Push Up yang baik dan benar adalah dengan cara naik turun badan yang bertumpu pada kedua tangan ujung kaki dengan tetap menjaga posisi lurus badan.

Sedangkan untuk wanita, gerakan Push Up yang baik dan benar adalah dengan cara naik turun badan yang bertumpu pada lutut karena kaki ditekuk.

Untuk dapat dinyatakan lolos pada tahapan ini, kamu harus melakukan gerakan Push Up yang baik dan benar sebanyak 42 kali.

 

5. Shuttle Run

 

Shuttle Run merupakan lari yang membentuk angka 8 di antara 2 buah tiang yang masing-masing berjarak 10 meter.

Pada tahapan tes kali ini, gerakan Shuttle Run dimulai dari tiang start kemudian berlari dengan membentuk angka delapan ke tiang satunya lagi lalu kembali ke titik start.

Gerakan Shuttle Run dilakukan sebanyak tiga kali. Untuk dapat dinyatakan lolos pada tahapan ini, kamu haru berlari secepat mungkin dibawah kurun waktu 20 detik. semakin singkat waktu yang kamu dapat, maka semakin baik nilai yang akan kamu peroleh.

 

6. Renang

 

Renang merupakan tahapan tes jasmani TNI yang terakhir. Pada tahapan tes ini kamu akan diminta untuk melakukan renang dengan dua gaya yakni gaya dada ataupun gaya bebas yang baik dan benar.

Masing masing matra TNI memiliki standar renang TNI. Biasanya, tes renang untuk TNI AL akan ditempuh dengan jarak 25 meter sedangkan untuk TNI AD dan TNI AU akan ditempuh dengan jarak 50 meter.

Untuk dapat dinyatakan lolos pada tahapan tes renang, kamu harus mampu berenang dengan jarak yang telah ditentukan oleh panitia dalam kurun waktu satu menit dengan satu gaya pilihan dengan baik dan benar.

Semakin singkat dan cepat waktu yang kamu miliki, maka akan semakin baik pula nilai yang akan kamu peroleh. 

 

Nah itu dia Tes Jasmani dan Kesamaptaan TNI yang dikutip dari www.koranmiliter.com semoga membantu kamu ya !.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes TNI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes TNI, berikut ini adalah program TNI by bimbel akses :

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

Nah itu dia program TNI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes TNI semakin besar, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
- https://www.koranmiliter.com/2021/10/ingin-jadi-prajurit-tni-berikut-tahapan-tes-jasmani-dan-samapta-masuk-tni-polri.html
 

Subscribes Channel Youtube Kami