Apa Saja Tes Kesamaptaan POLRI ? Simak Informasi Ini

  • Jumat, 1 Juli 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Ini Tahapan Tes Kesamaptaan POLRI

bimbeltnipolri.co.id - Salah satu tes dalam tahap masuk POLRI adalah tes kesmaptaan, dimana dalam tes ini menuntut fisik yang fit dan prima karena untuk menjadi seorang anggota POLRI harus memiliki fisik yang fit, kuat dan prima. Karena tugas mulia dari POLRI yaitu mengayomi dan melindungi masyarakat maka tidak heran mengapa untuk menjadi seorang anggota POLRI dituntut untuk memiliki fisik yang fit dan prima.

 

Namun untuk kamu sudah pada tahu belum apa saja yang diujikan untuk tes kesamaptaan POLRI ? Apa saja sih yang termasuk dalam tes kesampataan POLRI ? seperti yang dikutip dari bengkulu.tribunnews.com berikut ini adalah :

 

 


Tes Kesampataan POLRI

 

1. Pull Up dan Chinning

 

a. Pull Up

Pull up adalah tes kesamptaan jasmani yang dilakukan oleh peserta pria, dimana bentuk tes pull ini peserta melakukan gerakan dengan bergantung di tiang yang horizontal kemudian menarik badan nya keatas dan kebawah dengan posisi badan yang tegak lurus.

Adapun dalam tes polri pull ini sendiri di tes kan sebanyak 10 kali gerakan.

 

b. Chinning

Berbeda hal nya dengan peserta laki-laki yang melaksanakan tes pull, untuk wanita sendiri melakukan tes chinning, dimana tes chinning ini dilakukan dengan cara berdiri di depan tiang horizontal dengan posisi kaki menginjak tanah dan mendorong badan kedepan kebelakang dengan tangan mengepal tiang horizontal tersebut.

Adapun patokan penilaian dalam tes ini adalah dilakukan sebanyak 40 sampai dengan 60 kali gerakan dalam satu menit.

 

2. Lari

 

Tes lari ini tentunya tidak asing lagi, dimana para peserta melakukan gerakan lari di sebuah lapangan dengan mengelilingi lapangan tersebut.

Adapun patokan penilai dalam tes lari ini yaitu:

Untuk laki-laki 7-8 kali putar sepakbola

Untuk wanita 5 kali putaran sepakbola

lapangan bola standar 400 meter


3. Sit up

 

Sit Up adalah gerakan duduk bangun dimana peserta menyatukan kedua tangan dan meletakan nya dibelakang leher.

Dalam tes gerakan ini dilakukan sebanyak 42 kali dalam waktu 1 menit.

 

 

4. Push up

 

Push up ini juga sudah tidak asing lagi dimana push ini merupakan gerkan menaik dan menurunkan badan dengan bertumpu dengan kedua telapak tangan.

Penilaian dalam tes ini sebanyak 42 kali gerakan dalam waktu 1 menit.

 

5. Shuttle Run

 

Shuttle run ini adalah gerakan dengan mengelilingi lapangan seperti layaknya angka 8. dengan setiap patok besi berjarak 12 meter.

Adapun penilaian nya adalah 3 kali putaran dalam waktu 20 detik.

 

6. Renang

 

Pada tahapan tes renang ini kamu dapat melakukan dengan gaya bebas  tanpa diharuskan menggunakan gaya tertentu.

Adapun penilaian dalam tes renang ini yaitu anda harus menempuh renang dengan jarak 25 meter dengan waktu 1 menit tanpa berhenti.

 

Nah itu dia materi yang diujikan dalam tes kesamaptaan POLRI yang dikutip dari bengkulu.tribunnews.com, Semoga membantu kamu ya.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes POLRI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes POLRI, berikut ini adalah program POLRI by bimbel akses :

 

Program Bimbel Akses

Join Now

 

Nah itu dia program POLRI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes POLRI semakin besar, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
https://bengkulu.tribunnews.com/2022/04/12/tes-kesamaptaan-jasmani-polri-2022-berikut-tahapan-jenis-tes-yang-diujikan?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami