Tata Cara Melakukan Shuttle Run Untuk Mempersiapkan Tes Kesamaptaan POLRI

  • Sabtu, 18 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Ini Dia Tata Cara Melakukan Shuttle Run

bimbeltnipolri.co.id - Shuttle Run termasuk dalam tes yang berada dalam tes kesampataan di POLRI, namun apa sih itu Shuttle Run ? dikutip dari kompas.com Pengertian dari shuttle run adalah latihan kelincahan yang bertumpu pada gerakan cepat dan tepat dalam mengubah arah melalui gerakan lari secara bolak-balik.

 

Tujuan shuttle run adalah untuk menjaga kelincahan. Kelincahan atau agility adalah kemampuan untuk mengubah arah posisi tubuh dalam keadaan bergerak dengan kecepatan dan ketetapan yang tinggi tanpa kehilangan keseimbangan. Adapun, kelincahan merupakan salah satu unsur kebugaran jasmani yang menjadi faktor penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

 

 

Lalu bagaimana tata cara melakukan shuttle run untuk mempersiapkan tes kesamaptaan POLRI ? seperti yang dikutip dari olahragapedia.com berikut ini adalah tata cara melakukan shuttle run :

 

Adapun Tata Cara Melakukan Shuttle Run Adalah Sebagai Berikut:

 

1.   Berdiri tegak di belakang garis start
2.   Fokuskan pandangan ke depan dengan posisi awalan
3.   Letakkan kaki kanan di depan dengan agak ditekuk dan berat badan ditopang ke kaki depan tersebut
4.   Kaki belakang berada di belakang bersiap untuk melakukan tolakan ketika berlari
5.   Kedua tangan berada di samping badan dengan agak ditekuk

 

Program Bimbel Akses

Join Now


6.   Ketika aba-aba ‘ya’ atau tembakan dibunyikan, segera tolak badan ke depan dengan menggunakan kaki belakang
7.   Lari secepat mungkin ke arah titik yang dituju dengan tetap mempertahankan fokus
8.   Condongkan badan ke depan untuk mempercepat lari
9.   Ketika kaki sudah menginjak garis titik yang dituju, segera balikkan badan dan kembali berlari ke arah tempat semula
10. Nilai baru akan dihitung jika peserta sudah kembali ke titik semula

 

Shuttle run mengharuskan peserta melakukan lari bolak balik untuk mendapatkan nilai yang sempurna. Maka dari itu, sangat diperlukan trik yang tepat ketika membalikkan badan agar dapat kembali dalam waktu yang sangat cepat. Kebanyakan peserta mengalami kesulitan ketika membalikkan badan sehingga waktu banyak terbuang.

 

Salah satu trik untuk dapat membalikkan badan dengan cepat adalah usahakan untuk meletakkan kaki kiri atau kaki yang pada saat start digunakan untuk melakukan tolakan ketika berada di titik tujuan sehingga ketika kamu membalikkan badan, maka kaki tersebut akan langsung menolak tubuh ke depan tanpa harus mengambil satu langkah lagi.

 

Nah itu dia tata cara melakukan shuttle run yang dikutip dari olahragapedia.com semoga membantu kamu ya !

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes POLRI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes POLRI, berikut ini adalah program POLRI by bimbel akses :

 

 

Nah itu dia program POLRI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes POLRI semakin besar, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
- https://www.kompas.com/sports/read/2021/11/24/13000038/shuttle-run--pengertian-teknik-dasar-dan-manfaat#:~:text=Pengertian%20shuttle%20run,gerakan%20lari%20secara%20bolak%2Dbalik.

- https://olahragapedia.com/inilah-tata-cara-melakukan-shuttle-run-sebagai-tes-kelincahan

Subscribes Channel Youtube Kami