Mengenal Peran Bintara PTU Beserta Gaji dan Tunjangannya

  • Jumat, 19 April 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Sebelum membahas terkait apa itu Bintara PTU, terlebih dahulu mari kita bahas arti dari Bintara itu sendiri. Bintara merupakan golongan pangkat di kepolisian yang posisinya berada di bawah Inspektur Polisi dua serta di atas Ajun Brigadir Polisi.


Sementara itu, durasi pendidikan dari Bintara Kepolisian yakni berdurasi selama tujuh bulan dengan pangkat yang akan didapatkan usai lulus yaitu Brigadir Dua (Bripda).




Bintara sendiri menjadi tulang punggung dalam kesatuan militer yang berperan sebagai jembatan antara Perwira dengan Tamtama, pun sebaliknya dalam segi operasional.


Bintara PTU

Di dalam Bintara Polri, terdiri dari Bakomsus Perawat, Bakomsus Bidan, dan Bakomsus Pramugari, Bintara TI, dan Bintara PTU itu sendiri.

Bintara PTU merupakan kepanjangan dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU).  Bintara PTU adalah golongan pangkat di kepolisian yang posisinya di bawah Inspektur Polisi Dua dan di atas Ajun Brigadir Polisi, ya.

Adapun jenjang karir di Bintara Polri adalah mulai yang paling rendah sampai paling tinggi:

  1. Brigadir Polisi Dua (Bripda),

  2. Brigadir Polisi Satu (Briptu),

  3. BRIGADIR,

  4. Brigadir Polisi Kepala (Bripka),

  5. Ajun Inspektur Dua (Aipda), dan yang paling tinggi:

  6. Ajun Inspektur Satu (Aiptu)


Gaji dan Tunjangan Bintara PTU

Gaji polisi, termasuk Bintara telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2019 tentang Perubahan Keduabelas atas Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Yang mana dengan masa jabatan yang kurang dari satu tahun, gaji pokok yang diterima seorang polisi dengan pangkat Bripda adalah Rp 2.103.700 per bulan.

Selain menerima gaji pokok, anggota Polri juga menerima berbagai macam tunjangan setiap bulannya.  Salah satunya yang nominalnya cukup besar yakni adanya tunjangan kinerja (tukin).


Terkait dengan tunjangan kerja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan remunerasi lewat Peraturan Presiden Nomor 103 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kepolisian Negara Republik Indonesia.


Yang mana besaran Gaji Pokok Polisi Sesuai Pangkatnya Bintara polisi dengan pangkat Bripda termasuk dalam kelas jabatan 5 yang berarti berhak mendapatkan tunjangan kinerja per bulan sebesar Rp 2.493.000.

Tak hanya itu, selain menerima gaji pokok dan tunjangan kinerja, anggota Polri juga masih menerima sejumlah tunjangan lainnya yang besarnya bergantung pangkat, jabatan, jumlah anggota keluarga, dan daerah penempatannya, lho. Berikut rincian lengkapnya.


  • Tunjangan Istri atau Suami

  • Tunjangan Anak

  • Tunjangan Pangan atau Beras

  • Tunjangan Lauk Pauk

  • Tunjangan Umum

  • Tunjangan Jabatan Struktural atau Fungsional

  • Tunjangan yang disamakan dengan tunjangan jabatan

  • Tunjangan Khusus Provinsi Papua

  • Tunjangan Pengabdian di Wilayah Terpencil

  • Tunjangan Khusus Polisi Wanita (Polwan)

  • Tunjangan Petugas Polmas atau Babinkamtibmas

  • Tunjangan Khusus Wilayah Pulau Kecil Terluar atau Wilayah Perbatasan. Tunjangan Lainnya sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

  • Pembulatan gaji

  • Tunjangan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21


Demikian penjelasan terkait Bintara PTU yang ada di kepolisian RI. Semoga cukup menjawab serta memberikan informasi terkait apa itu Bintara Polisi Tugas Umum, ya.


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 


Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi:  https://kumparan.com/generasi-milenial/apa-itu-bintara-ptu-berikut-lengkap-dengan-besaran-gaji-dan-tunjangannya-2022-1xrTEztLxFy/full

Subscribes Channel Youtube Kami