4 Jalur Pendidikan Masuk Kepolisian

  • Senin, 12 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Menjadi polisi adalah salah satu profesi yang cukup dihormati dan disegani. Bagaimana tidak, menjadi seorang polisi sama saja mengabdikan dirinya bagi negara dan bangsa. 


Dengan label abdi negara dan adanya jenjang karir, maka banyak orang yang bercita-cita menjadi polisi. Namun untuk kamu yang mau masuk menjadi polisi, terdapat beberapa jenis pendidikan yang bisa kamu coba. 

Beberapa jalur pendidikan polisi dibagi berdasarkan tingkatan pangkat pada Polri. Secara umum, tingkatan kepangkatan di Kepolisian Republik Indonesia ada tiga. Dari pangkat terendah yaitu Tamtama, lalu Bintara, hingga tertinggi Perwira.

Masing-masing tingkatan kepangkatan tersebut memiliki institusi pendidikan sendiri. Nah beberapa jalur penerimaan untuk calon siswa polri antara lain:




1. Akademi Kepolisian (Akpol)

Merujuk Pengumuman Nomor: Peng/19/III/DIK.2.1./2022 tentang Penerimaan Terpadu Taruna/i Akpol Tahun Anggaran 2022, lama pendidikan Akpol adalah empat tahun. 


Tempat pendidikan Akpol dilakukan di Akpol Lemdiklat Polri, Semarang, Jawa Tengah. Ujian atau pemeriksaan penerimaan terpadu taruna Akpol diselenggarakan di tingkat daerah oleh panitia daerah di Polda dan di tingkat pusat oleh panitia pusat di Akpol, Semarang. 


Penerimaan Akpol merupakan penerimaan calon perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). 


2. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Dilansir dari Kompas.com, 28 Januari 2022, pendidikan SIPSS memakan waktu enam bulan dan bertempat di Akpol Lemdiklat Polri Semarang. SIPSS merupakan pendidikan bagi lulusan sarjana yang dibutuhkan dalam profesi Kepolisian untuk dibentuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Ipda.

Nantinya, mereka akan ditugaskan sesuai dengan keahlian dan kompetensi keilmuan masing-masing untuk mendukung tugas kepolisian. 


3. Bintara

Dihimpun dari Pengumuman Nomor: Peng/20/III/DIK.2.1./2022 tentang Penerimaan Terpadu Bintara Polri Gelombang II 2022, lama pendidikan Bintara adalah lima bulan. Pendidikan bertempat di Sekolah Polisi Negara (SPN) tiap Polda, Pusat Pendidikan (Pusdik) Brimob, dan Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan). 

Nantinya, siswa yang lulus sebagai Bintara dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Pendidikan pembentukan Bintara Polri dilaksanakan untuk menjadi Bintara Polri yang memiliki pengetahuan dan kemampuan dasar kepolisian, ketangguhan, sikap dan perilaku terpuji sebagai pelaksana utama tugas Polri. 


4. Tamtama

Sementara itu, pendidikan Tamtama memakan waktu lima bulan. Merujuk penerimaan Tamtama 2021, tempat pendidikan Tamtama dilakukan di Pusdik Brimob Watukosek, Jawa Timur dan Tamtama Polair di Pusdik Polair Pondok Dayung Tanjung Priok, Jakarta Utara. Siswa yang lulus pendidikan Tamtama akan menyandang pangkat Bhayangkara Dua atau Bharada. 

Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 





Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/07/060000165/4-cara-menjadi-polisi?page=all

Subscribes Channel Youtube Kami