Ini Dia 5 Model Senapan Serbu yang Dimiliki TNI, Salah Satunya Diproduksi di Indonesia

  • Kamis, 25 April 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Dalam artikel ini akan dibahas lima jenis senapan serbu yang dimiliki oleh TNI, diantaranya merupakan hasil produksi Indonesia.


Selain kendaraan tempur, TNI juga memiliki beragam senjata yang digunakan untuk memperkuat kekuatan militer. Salah satunya adalah senapan serbu yang digunakan untuk menyerang secara massal atau menghadapi musuh.


Senapan serbu adalah senjata api berlaras panjang atau karabin yang memiliki pilihan tembakan dan menggunakan amunisi kaliber menengah. Jenis senjata ini terus berkembang dan bertambah jumlahnya. Berikut adalah ringkasan dari lima jenis senapan serbu milik TNI.



  1. SS2 V1

Merupakan senapan serbu buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT Pindad Persero. Varian pertama dari keluarga senapan SS2 ini adalah hasil pengembangan dari pendahulunya, SS1. Senjata ini telah memenuhi standar NATO dengan panjang laras 46 mm dan jangkauan tembakan hingga 400 meter dengan menggunakan amunisi kaliber 5,56 mm. Fitur unggulan termasuk charging handle otomatis yang memudahkan penggantian magasin tanpa perlu mengokang.


  1. SAR 21

Senjata ini diproduksi di Singapura dan digunakan oleh TNI Angkatan Udara. Spesifikasinya hampir sama dengan SS2 V1, menggunakan amunisi kaliber 5,56 x 45 mm. SAR 21 memiliki akurasi tembakan yang baik dan dapat dipasangkan dengan alat bidik dan grip pengguna.


  1. Steyr AUG

Jenis senapan serbu bullpup ini berasal dari Austria dan digunakan oleh pasukan elit Indonesia, termasuk Kopassus. Menggunakan peluru kaliber 5,56 x 45 mm, senjata ini memiliki jangkauan tembakan efektif hingga 300 meter.


  1. HK 416

Senapan buatan Jerman ini aktif digunakan oleh militer Indonesia, termasuk Kopassus, Kopaska, dan Denjaka. Berbagai varian termasuk A5 11 dengan jangkauan tembak 300 meter, A5 14,5 dengan jangkauan 500 meter, dan A5 20 dengan jangkauan 800 meter.


  1. Tavor X-95

Diproduksi oleh Israel Weapon Industries (IWI), senjata ini digunakan oleh TNI AU dan dapat menggunakan peluru kaliber 5,56 x 45 mm hingga 9 mm. Selain itu, senjata ini juga dapat difungsikan sebagai submachine gun.


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi:  https://nasional.okezone.com/read/2023/01/12/337/2744967/5-jenis-senapan-serbu-milik-tni-salah-satunya-hasil-produksi-indonesia?page=2 

Subscribes Channel Youtube Kami