10 Syarat Fisik yang Harus Dipersiapkan Untuk Menjadi TNI

  • Selasa, 23 Januari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Kondisi fisik menjadi hal utama yang perlu diperhatikan ketika akan melakukan pendaftaran. Selain persyaratan administrasi, calon anggota militer juga harus memenuhi beberapa persyaratan fisik masuk TNI.


Tujuan tes fisik untuk mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan seseorang secara menyeluruh, sehingga tidak menjadi halangan saat menjalankan tugas. Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi salah satu profesi yang diimpikan banyak orang.


Setiap tahun, ribuan peserta memperebutkan kesempatan menjadi bagian dari prajurit kebanggaan Indonesia. TNI terbagi menjadi tiga angkatan, yakni Angkatan Darat (TNI AD), Angkatan Udara (TNI AU), dan Angkatan Laut (TNI AL).






Syarat Fisik Masuk TNI


Dilansir dari situs Kodim 0424/Tanggamus, terdapat 10 syarat fisik masuk TNI. Berikut syarat fisik yang perlu dipersiapkan jika ingin masuk TNI.


1. Tinggi Badan


Saat awal pendaftaran, persyaratan utama yang wajib diperhatikan calon peserta adalah tinggi badan. Tinggi badan minimal 163 sentimeter untuk pria, dan 157 sentimeter untuk wanita. Tinggi badan tersebut merupakan ukuran minimal untuk dapat lolos seleksi fisik.


2. Berat Badan


Selain tinggi badan, berat badan juga merupakan syarat fisik masuk TNI. Tujuan penilaian postur tubuh untuk mendapatkan prajurit TNI dengan berat badan ideal dan kualitas tubuh yang baik, fisik kuat, serta memiliki tingkat mobilitas tinggi.


Perhitungan berat badan ideal didasarkan pada kalkulator indeks massa tubuh. Dalam syarat fisik masuk TNI, perhitungan berat badan ideal menggunakan rumus Brosca berikut.


  • Pria: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 10%]

  • Wanita: Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 15%]


3. Kesehatan Gigi


Kesehatan gigi menjadi indikator penting penilaian prajurit TNI. Terutama bagi mereka dari daerah terpencil dengan dukungan perawatan gigi yang kurang memadai.


Kesehatan gigi yang baik membantu dalam upaya pencegahan keadaan darurat gigi. Sementara itu, kesehatan gigi yang buruk akan mempengaruhi kemampuan mengunyah. Akibatnya, pola makan normal selama pelatihan calon anggota akan terganggu.


Tes kesehatan ini cukup sederhana. Ada beberapa hal yang dinilai dalam tes kesehatan gigi, di antaranya susunan gigi rapi, gigi depan tidak terlalu maju (tonggos), gigi sehat dan tidak berlubang, tidak menggunakan gigi palsu. Bagi yang memiliki bau mulut akan menjadi indikator pengurangan nilai.


4. Kesehatan Mata


Berikutnya, mempunyai kondisi kesehatan mata yang baik. Apabila seseorang memiliki kondisi mata minus yang tergolong ringan dan masih memenuhi standar penglihatan yang ditetapkan, maka masih ada peluang bisa masuk TNI.


Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf Angkatan Darat Nomor Kep/7/X/1984, TNI memiliki standar penglihatan yang harus dipenuhi. Berikut standarnya.


  • Penglihatan jarak jauh minimal 6/12 pada kedua mata, tanpa kacamata atau lensa kontak.

  • Penglihatan jarak dekat minimal 6/9 pada kedua mata, tanpa kacamata atau lensa kontak.

  • Tidak ada kelainan pada bola mata, iris, dan lensa mata.

  • Tidak ada kelainan pada lapangan pandang.


5. Lari


Kemampuan lari seorang calon anggota menjadi syarat fisik masuk. Tujuannya untuk mengetahui daya tahan otot, jantung, pernapasan, dan peredaran darah. Tes dilakukan di stadion dengan standar lari 7-8 putaran sepak bola untuk pria.


Sedangkan, wanita 5 putaran selama 12 menit. Untuk mempermudah memperkirakan jarak dan waktu tempuh, calon anggota dapat melakukan latihan dengan mengelilingi lapangan sepak bola berukuran standar mencapai 400 meter.


6. Pull Up (Pria) dan Chinning (Wanita)


Pull up merupakan gerakan yang diawali dengan bergantung pada tongkat horizontal. Kemudian menarik badan ke atas sampai dagu berada di atas tongkat itu, dan kembali turun sampai posisi kedua tangan kembali lurus. Untuk pria, pull up harus dilakukan dengan sikap kaki lurus ke bawah dan tidak boleh mengayun selama satu menit dengan batasan minimal 10 kali.


Chinning merupakan gerakan berdiri di depan tongkat mendatar dan posisi kedua kaki tetap berpijak pada tanah, kemudian menarik badan ke arah depan dan kembali ke belakang. Batasan minimal yang telah diberlakukan untuk tes chinning adalah sebanyak 40 kali secara sempurna.


7. Sit Up


Sit up merupakan gerakan terlentang dengan kedua lutut ditekuk, kemudian mengangkat tubuh ke atas untuk melatih kekuatan otot perut. Tes ini dilakukan minimal sebanyak 35 kali untuk pria, dan 30 kali untuk wanita, di mana gerakan yang dilakukan tidak boleh melebihi 1 menit.


8. Push up


Push up merupakan gerakan naik turun dengan bertumpu pada kedua tangan dan kaki. Untuk pria menggunakan ujung kaki sebagai tumpuan, sedangkan wanita menggunakan lutut sebagai tumpuan. Ketika posisi badan turun ke bawah tidak diperbolehkan sampai menyentuh lantai, dan saat naik kedua tangan kembali lurus.


Untuk pria diberlakukan standar push up sebanyak 35 kali, dan 30 kali untuk wanita. Di mana seluruh gerakan dilakukan tidak boleh melebihi 1 menit dan harus dilakukan secara sempurna.


9. Shuttle Run


Shuttle run merupakan lari membentuk angka 8, di antara dua buah tiang yang memiliki jarak 10 meter sebanyak 3 kali sampai kembali ke garis awal. Tujuannya untuk mengukur akselerasi dan kelincahan. Setiap calon anggota harus memanfaatkan waktu tidak boleh melebihi 20 detik.


10. Berenang


Syarat selanjutnya adalah kelincahan dan kemahiran dalam berenang. Calon anggota nantinya akan dites dengan jarak 50 meter di kolam renang yang telah disediakan.



Nah bagi kamu ingin menjadi seorang taruna AKMIL, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL bisa bergabung bersama bimbel akses






Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL  bersama bimbel akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL 2024

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

6. Dibimbing sampai Lulus

Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sebagai taruna/i AKMIL bersama bimbel akses.

Daftar sekarang

Referensi: https://www.detik.com/jatim/berita/d-6962849/10-syarat-fisik-masuk-tni-yang-harus-dipersiapkan

Subscribes Channel Youtube Kami