Ini Syarat Menjadi Anggota Kopassus

  • Selasa, 16 April 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) adalah pasukan elite TNI Angkatan Darat (AD). Anggota Kopassus sendiri berisi prajurit pilihan dengan seleksi ketat yang harus dilalui.

Pasukan dengan baret merahnya ini masuk dalam jajaran pasukan terbaik di dunia. Dilansir E. A. Natanegara dan Iwan Santosa dalam buku Kopassus untuk Indonesia, syarat untuk menjadi seorang Kopassus terdiri dari persyaratan umum dan khusus.

Syarat Umum

  • Prajurit TNI yang sudah menuntaskan diksus kepada perwira yang berusia di bawah 35 tahun. Sementara itu, untuk tamtama dan bintara berusia di bawah 27 tahun.

  • Harus bisa melewati tes fisik, seperti lari 2,4 km dalam waktu 12 menit, 40 push up dalam satu menit, 10 pull up dalam satu menit tanpa mengayunkan badan dan posisi kaki lurus, berenang dengan jarak 50 meter, serta 35-40 sit up dalam satu menit.

  • Tidak takut ketinggian.

  • Tes psikologi di atas rata-rata (>100).

  • Sehat dan tidak memiliki penyakit sama sekali.


Syarat Khusus

Selanjutnya, jika calon anggota Kopassus lolos memenuhi syarat yang ditentukan maka akan melewati beberapa tahapan yang disebut pendidikan dalam proses perekrutan.

  1. Tahap basis
    Pada tahap ini dilakukan pemusatan latihan di Pusat Pendidikan Pelatihan Khusus, Batujajar, Bandung, Jawa Barat. Calon anggota Kopassus akan dilatih keterampilan dasar, seperti perebutan cepat, serangan unit komando, menembak, teknik dan taktik tempur, navigasi darat, serta keterampilan lainnya.
     

  2. Tahap hutan gunung
    Selanjutnya, ada tahap hutan gunung yang berlokasi di Citatah, Bandung, Jawa Barat. Calon prajurit Kopassus akan melewati serangkaian pelatihan menjadi pendaki serbu, survival (keterampilan bertahan hidup) di tengah hutan, penjejakan, dan anti-penjejakan.

    Saat pelatihan survival, calon prajurit harus mampu bertahan hidup di hutan. Lalu, ada agenda long march dari Situ Lembang-Bandung menuju Cilacap dengan membawa amunisi, perlengkapan perorangan, senjata, dan tambang peluncur.
     

  3. Tahap rawa laut
    Pada tahap ini calon anggota Kopassus akan melaksanakan pelatihan, seperti navigasi laut, pelolosan, pendaratan menggunakan perahu karet, survival laut, dan renang ponco. Calon prajurit harus bisa berenang melintasi selat, mulai dari Cilacap hingga Nusakambangan.

Sebagai informasi, persyaratan calon anggota Kopassus sangat berat dilihat dari standar calon untuk mengikuti serangkaian pelatihan. Nilai standar fisik untuk prajurit nonkomando, yakni 61. Apabila ingin mengikuti tes prajurit komando nilai yang diperlukan minimal 70. Ini termasuk kemampuan menembak dan berenang tanpa henti sejauh 2 km. Adapun seleksi dan pendidikan anggota Kopassus dilakukan selama tujuh bulan.

Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 


Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami



Referensi: https://www.beritasatu.com/nasional/2811296/ini-syarat-dan-cara-menjadi-anggota-kopassus-pasukan-elite-tni-ad

Subscribes Channel Youtube Kami