Daftar Penyakit yang Menyebabkan Tidak Bisa Masuk TNI

  • Senin, 29 Januari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Inilah daftar penyakit apa saja yang menyebabkan gagal dan tidak bisa masuk menjadi anggota TNI. Menjadi seorang anggota TNI, setiap peserta harus melewati berbagai macam tes termasuk tes kesehatan.


Pada tes kesehatan ini setiap calon anggota akan dicek status kesehatannya apakah terdapat penyakit ataupun kecacatan pada tubuhnya. Menjadi anggota TNI memang dituntut harus sempurna baik secara fisik atau batin. Hal ini tentu sangat wajar melihat tugas TNI yang harus siap sedia bertugas di segala medan dan situasi untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).


Berikut adalah beberapa penyakit yang membuat calon peserta tidak bisa menjadi anggota TNI.




1. Varises


Varises merupakan pembengkakan atau pembuluh darah vena yang kerap terjadi di daerah kaki akibat penumpukan darah. Orang yang mengalami varises biasanya pembuluh vena mereka akan tampak menonjol keluar berwarna kebiruan atau ungu tua. Tidak jarang bentuknya seperti simpul dan berpilin. Penyakit varises jika dimiliki oleh anggota TNI akan membuat tubuhnya cepat merasa lelah.


2. Varikokel


Varikokel merupakan sejenis varises yang berada diatas atau di dalam skrotum (testis). Varikokel disebabkan karena darah terhambat untuk kembali ke jantung atau juga karena katup vena tidak sempurna. Varikokel dapat disembuhkan dengan obat untuk gejala ringan dan operasi pengangkatan pembuluh darah yang melebar untuk gejala berat.


3. Hemoroid


Seseorang yang memiliki penyakit hemoroid tidak bisa masuk TNI karena dapat akan mengalami kendala saat membawa beban berat. Dan hal ini juga dapat penyakitnya semakin parah.


4. Gigi berlubang


Seorang calon anggota TNI tidak bisa masuk menjadi TNI jika giginya berlubang. Meski terlihat sepele, namun gigi berlubang dapat menyebabkan sakit yang luar biasa saat keadaan dingin. Hal ini akan membuat pendidikan menjadi tidak maksimal.


5. Buta warna


Seseorang yang memiliki buta warna tidak bisa masuk TNI karena akan dapat membuat salah sasaran saat latihan menembak.Selain beberapa penyakit diatas, seseorang juga tidak dapat masuk menjadi TNI bila memiliki tensi darah rendah atau tinggi, rabun jauh, gigi berkarat, bocor telinga bagian dalam, amandel, radang tenggorokan hingga penyakit kulit.Itulah daftar penyakit apa saja yang menyebabkan gagal dan tidak bisa masuk menjadi anggota TNI.


Nah bagi kamu ingin menjadi seorang taruna AKMIL, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL bisa bergabung bersama bimbel akses



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL  bersama bimbel akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL 2024

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

6. Dibimbing sampai Lulus

Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sebagai taruna/i AKMIL bersama bimbel akses.

Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://nasional.okezone.com/read/2023/01/28/337/2754828/daftar-penyakit-apa-saja-yang-tidak-bisa-masuk-tni

Subscribes Channel Youtube Kami