Ini Syarat Fisik Masuk TNI yang Wajib Kamu Perhatikan

  • Selasa, 6 Desember 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

bimbeltnipolri.co.id - Hallo Buat kamu yang ingin menjadi bagian dari prajurit Indonesia, calon anggota TNI harus melewati serangkaian pendaftaran yang sangat panjang. Selain sangat panjangn persyaratan menjadi anggota TNI juga sangat ketat. Orang yang datang dari berbagai wilayah dan latar belakang berbeda mencoba peruntungan untuk menjadi TNI.

 

Selain itu juga dari ribuan orang pendaftar hanya beberapa anggota saja yang resmi diterima. Untuk itu perhatikan syarat masuk TNI, seperti syarat administratif hingga syarat fisik. Banyak calon anggota TNI yang bertanya, apakah masuk TNI boleh minus? Simak syarat fisik masuk TNI yang wajib diperhatikan.

 

 

Salah satu syarat untuk kamu menjadi seorang TNI adalah harus sehat secara jasmani dan rohani. Calon prajurit TNI harus memiliki mata normal, sehat, dan tidak buta warna. Karna untuk itu, perhatikan kesehatan mata sebelum mendaftar menjadi TNI.

 

 

Selain itu, Perhatikan juga syarat fisik masuk TNI lainnya sebagai berikut :

 

1. Tinggi Badan

Calon anggota TNI juga harus memenuhi tinggi badan minimal. Untuk laki-laki tinggi badan minimal mencapai 163 cm dan 157 untuk wanita. Jika tidak memenuhi tinggi badan minimal, maka tidak lolos seleksi fisik.

 

 

 

2. Berat Badan

Memiliki Postur tubuh ideal menjadi syarat lolos seleksi tes fisik TNI. Calon anggota TNI dapat menghitung sendiri berat badan idealnya. Berikut adalah cara menghitung berat badan ideal:

Berat badan ideal laki-laki (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 10%]

Berat badan ideal perempuan (kg) = [tinggi badan (cm) - 100] - [(tinggi badan (cm) - 100) x 15%]

 

3. Kesehatan Gigi

Anggota TNI harus memiliki gigi yang sehat. Kesehatan gigi masuk penilaian penting syarat masuk TNI. Beberapa penilaian kesehatan gigi seperti gigi tersusun rapi, tidak berlubang, gigi tidak maju, tidak menggunakan gigi palsu, dan tidak bau mulut.

 

 

Nah, Demikianlah syarat fisik untuk masuk TNI yang bisa kamu persiapkan dari sekarang sebelum kamu mendaftarnya di tahun depan ya.

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes TNI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes TNI, berikut ini adalah program TNI by bimbel akses :

 

 

 

Nah itu dia program TNI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes TNI semakin besar, daftar sekarang.

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

Salam sukses !





 

Referensi :

https://nasional.okezone.com/read/2022/11/28/337/2716295/apakah-masuk-tni-mata-boleh-minus-simak-syarat-fisik-masuk-tni-yang-wajib-diperhatikan?page=3

Subscribes Channel Youtube Kami