Mengenal Apa Itu PMK atau MI dalam Tes Akademik Polri

  • Kamis, 14 Maret 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Bagi anda yang ingin mengikuti seleksi anggota Polri tentunya anda harus melalui tahapan seleksi dengan baik. Namun bagi anda yang belum memiliki pengalaman mengikuti tes anggota Polri, tentunya pasti kebingungan bagaimana cara menghadapi berbagai tahapan seleksi yang akan diujikan nanti. Hal itu wajar saja karena anda belum memiliki pengalaman sama sekali. Berikut adalah penjelasan mengenai PMK atau MI, Simak penjelasan nya berikut ini:



PMK (penelusuran mental kepribadian) atau MI (mental ideologi) adalah tahapan dari rangkaian tes yang dilaksanakan sepanjang seleksi penerimaan anggota polri maupun TNI.

Tes PMK atau MI ini bertujuan untuk menyeleksi calon-calon anggota polri maupun TNI , dimana dalam seleksi berlangsung bisa menyaring para calon aparat Negara yang memiliki karakteristik yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu tujuan lain dari PMK atau MI ini untuk mengetahui mengenai latar belakang dan juga mental serta kepribadian dari para peserta seleksi. Dalam tes tersebut juga akan melihat bagaimana untuk mengetahui pergaulan para peserta seleksi di lingkungan nya.


Dan tujuan yang terakhir, untuk menelusuri apakah peserta seleksi memiliki keterlibatan dan bergabung dengan organisasi terlarang.

Setelah mengetahui apa itu PMK atau MI beserta tujuan nya, berikut beberapa materi PMK yang akan di uji kan:

1. Mengenal dan mengetahui bagaimana kepribadian pribadi

2. Akan di uji bagaimana pandangan peserta terhadap keluarga nya

3. Setelah itu akan dilihat bagaimana pandangan peserta terhadap masyarakat

4. Pemahaman peserta tentang sejarah perjuangan bangsa


Untuk bentuk soal PMK adalah sebagai berikut:

  1. Wawasan kebangsaan

  2. NKRI

  3. UUD 1945

  4. Sejarah Indonesia

  5. Informasi atau isu sekarang atau terkini


Itu dia penjelasan mengenai PMK. Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meluluskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://bengkulu.tribunnews.com/2022/04/04/mengenal-apa-itu-pmk-atau-mi-dalam-tes-akademik-polri-lengkap-materi-dan-contoh-soal?page=3

Subscribes Channel Youtube Kami