Proses Penerimaan Calon Taruna di Akademi TNI 2024 akan Menggunakan CAT BKN

  • Kamis, 9 Mei 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Penerimaan Calon Taruna Akademi TNI untuk Tahun Anggaran 2024 mengadopsi computer assisted test (CAT) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) untuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) pertama kalinya.


Menurut siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta pada Jumat, Wakil Asisten Personel (Waaspers) Panglima TNI Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo menyatakan bahwa penggunaan sistem CAT membantu dalam penilaian talenta berkualitas yang memiliki potensi untuk menjadi taruna berintelektual tinggi.


Dengan menerapkan CAT BKN, Brigjen TNI Agus berharap bahwa calon taruna dapat mengoptimalkan kemampuan dan kapabilitas mereka dalam mengikuti tes kompetensi dasar.



"Seleksi akademi TNI ditujukan sebagai penyaringan awal calon taruna yang disesuaikan dengan standardisasi pegawai negeri sipil (PNS)," katanya.


Selain itu, Agus mengatakan bahwa pelaksanaan TKD Akademi TNI Tahun 2024 pada tanggal 2 s.d. 3 Mei 2024 di 26 titik lokasi yang terdiri atas 24 titik lokasi BKN (BKN Pusat, 13 kantor regional BKN, dan 10 UPT BKN) serta 2 titik lokasi mandiri di Biak dan Merauke.


"BKN hanya memfasilitasi sistem CAT pada saat pelaksanaan seleksi, penentuan passing grade untuk standar kelulusan oleh Mabes TNI," tambahnya.


Sementara itu, Deputi Bidang Mutasi Kepegawaian BKN Aris Windiyanto menuturkan bahwa pihaknya telah menyiapkan seleksi Taruna TNI Tahun 2024 dengan sebaik-baiknya.


Seleksi yang berlandaskan integritas dan transparansi, menurut dia, akan melahirkan calon aparatur sipil negara yang memiliki kredibilitas tinggi dan berkompeten.


"Infrastruktur CAT BKN dapat menyiapkan sistem yang kredibel, akurat, dan transparan," tambah Aris.


Jumlah keseluruhan soal untuk seleksi Sekdin ini sebanyak 110 soal dengan perincian 35 soal inteligensi umum, 30 soal wawasan kebangsaan, dan 45 soal karakteristik pribadi. Untuk itu, nilai bergantung pada kemampuan setiap peserta.


"Nilai bergantung pada kemampuan peserta dan kondisi mental serta fisik peserta sehingga diharapkan sebelum mengikuti tes peserta dapat mempersiapkan kondisi mental dan fisik," pungkasnya.


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.detiksumsel.com/pendidikan/97412582210/pertama-kalinya-penerimaan-calon-taruna-akademi-tni-akan-gunakan-cat-bkn  

Subscribes Channel Youtube Kami