Pangkat Taruna Akmil yang Didapatkan dalam Setiap Tingkatan

  • Senin, 15 April 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Akmil atau Akademi Militer adalah adalah lembaga pendidikan calon perwira Angkatan Darat yang bertempat di kota Magelang, Jawa Tengah. Secara hierarki, Akademi Militer berada di dalam struktur organisasi TNI Angkatan Darat.


Peserta didik akmil disebut dengan taruna. Mengutip laman resmi Akademi Militer, taruna memiliki pangkat yang berbeda untuk setiap tingkatan. Pangkat tersebut menjadi identitas tingkat yang sedang dijalani oleh siswa dalam pendidikannya.


Setiap orang bisa mendaftar di Akademi Militer, selama sesuai dengan persyaratan dasar yang telah ditentukan, di antaranya lulusan SMA atau MA dengan program jurusan IPA dan merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).

Bagi Anda yang berminat untuk masuk Akademi Militer dan menjadi seorang perwira TNI AD, kenali dulu pangkat taruna Akmil berikut ini.

Pangkat Taruna Akmil



Merujuk pada Buku Pintar Calon Anggota TNI tulisan Henry Siswosoediro, pangkat taruna Akmil sebagai berikut ini.


1. Prajurit Taruna (Pratar) dan Kopral Taruna (Koptar)

Setelah diterima dan mengikuti pendidikan di Akmil, siswa akan mendapatkan pangkat Prajurit Taruna atau disingkat Pratar. Ini merupakan pangkat terendah dan akan dijalani selama 4 bulan. Pada tingkat ini para taruna akan diberikan pelatihan fisik dan mental.

Masih di tingkat satu, setelah menjalani pangkat Pratar, siswa akan naik menjadi Kopral Taruna atau Koptar. Taruna yang mampu menyelesaikan latihan RPS dan survival yang dilaksanakan oleh Akmil, berhak untuk mendapatkan pangkat Koptar ini. Pangkat Koptar akan menempuh 9 bulan pendidikan yang terdiri dari latihan dan teori.


2. Sersan Taruna (Sertar)

Pada tahun kedua, taruna akan menyandang pangkat Sersan Taruna atau disingkat Sertar. Pangkat ini akan dijalani selama satu tahun atau 12 bulan.


3. Sersan Mayor Dua Taruna (Sermadatar)

Memasuki tingkat tiga, pangkat yang diberikan adalah Sersan Mayor Dua Taruna disingkat Sermadatar. Pangkat Sermadatar disandang para taruna selama menjalani pendidikannya, yaitu sekitar 1 tahun.


4. Sersan Mayor Satu Taruna (Sermatutar)

Tingkat empat menandakan tingkatan terakhir para taruna dalam menempuh pendidikan di Akademi Militer sebelum nantinya resmi dilantik menjadi perwira TNI AD.


Pada tingkat akhir, pangkat yang akan diberikan adalah Sermatutar atau Sersan Mayor Satu Taruna. Lama pendidikan di tingkat akhir adalah satu tahun.

Setelah menyelesaikan pendidikan dan dinyatakan lulus, para taruna akan dilantik oleh Presiden RI menjadi perwira TNI AD berpangkat Letnan Dua atau Letda.


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 


Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://kumparan.com/berita-hari-ini/4-pangkat-taruna-akmil-yang-didapatkan-dalam-setiap-tingkatan-1zbwvzYlSoe/full

Subscribes Channel Youtube Kami