8 Tahapan yang Harus Dilalui Calon Taruna Akmil 2024

  • Sabtu, 3 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Pendaftaran Akademi Militer (Akmil) 2024 mulai dibuka pada 1 Februari 2024. Berbagai syarat telah ditetapkan bagi calon pendaftar Akmil 2024.


Akmil merupakan sekolah pendidikan TNI AD yang berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah. Akmil bertujuan mencetak taruna dan taruni Akmil yang ketika lulus akan menjadi perwira TNI berpangkat letnan dua (Letda). Berbagai tahapan harus dilalui untuk menjadi taruna/taruni Akmil.





Tahapan yang harus dilalui peserta seleksi Akmil 2024


1. Pendaftaran Online


Calon peserta Akmil 2024 bisa mendaftar secara online melalui laman resmi ad.rekrutmen-tni.mil.id. Calon peserta akan diarahkan untuk mengisi formulir pendaftaran. Berbagai kelengkapan harus diunggah misalnya ijazah, rapor nilai, dan dokumen identitas


2. Seleksi Administratif


Panitia pendaftaran akan menyeleksi dokumen-dokumen yang diunggah oleh calon peserta. Hanya calon peserta yang memenuhi syarat administratif yang akan melangkah ke tahap berikutnya dalam proses seleksi.


3. Tes Akademik


Tes ini dirancang untuk menguji pengetahuan dan kemampuan akademik calon taruna/taruni. Mata pelajaran yang diuji biasanya adalah matematika, fisika, kimia, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.


4. Tes Psikologi


Selain akademik, psikologi peserta tes Akmil juga dites. Ini bertujuan untuk mengevaluasi aspek psikologi calon taruna/taruni, termasuk kepribadian, kecerdasan, dan kematangan emosional. Tes ini meliputi tes kepribadian, tes intelegensi, tes kemampuan verbal dan numerik, serta tes lain yang berhubungan dengan psikologi.


5. Tes Kesehatan


Tes kesehatan untuk masuk Akmil meliputi pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Tujuannya untuk memastikan bahwa calon taruna/taruni memenuhi standar kesehatan yang ditentukan oleh Akmil. Pemeriksaan yang dilakukan adalah fisik, tes mata, tes pendengaran, tes laboratorium, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.


6. Tes Kesamaptaan Jasmani


Tes kesamaptaan jasmani wajib dilakukan calon taruna/taruni Akmil. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kebugaran fisik calon taruna/taruni. Calon taruna/taruni Akmil wajib lulus tes fisik seperti pull-up, sit-up, push-up, lari jarak tertentu dalam waktu yang ditentukan, dan tes renang.


7. Wawancara


Tahap wawancara melibatkan sesi tanya jawab antara calon peserta dan tim seleksi. Wawancara ini dirancang untuk menilai motivasi, komitmen, nilai-nilai kepemimpinan, serta potensi kepemimpinan calon peserta.


8. Pengumuman Hasil


Setelah semua tahapan seleksi dilalui, panitia penerimaan Akmil akan mengumumkan hasil seleksi. Peserta tes yang dinyatakan lolos akan langsung berangkat pendidikan Akmil berlokasi di Kota Magelang, Jawa Tengah.Demikian tahapan yang harus dilalui peserta seleksi Akmil 2024.


Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses




Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://www.beritasatu.com/nasional/2795469/8-tahapan-yang-harus-dilalui-calon-taruna-akmil-2024

Subscribes Channel Youtube Kami