Mengenal Pangkat Prada TNI, Dari Singkatan, Gaji hingga Tunjangan

  • Jumat, 15 Maret 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Prajurit Dua atau sering disingkat dengan Prada adalah pangkat terendah dalam jenjang Tamtama pada kemiliteran yang ada di Indonesia. Seorang Prajurit Dua adalah anggota TNI yang lulus sesuai dari ketentuan di masing-masing satuannya.

Pangkat Prajurit Dua akan diberikan kepadapara anggota TNI dengan garis paling depan dalam kesatuan militer dan sebagai unsur inti dari sebuah pasukan tempur.

Syarat seorang prajurit TNI untuk mendapatkan pangkat Prajurit Dua



1. Prajurit Dua di TNI AD

Anggota TNI AD yang sudah menyelesaikan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) Tahap I di Dodik Secata Rindam masing-masing Kodam selama empat bulan. Setelah pelantikan, para Tamtama mengikuti pendidikan Tahap II Pendidikan Kejuruan (Dikjur) sesuai kecabangan masing-masing yang disebut Pendidikan Tahap II selama 3 bulan seperti Infanteri di Dodik Infanteri masing-masing Kodam, Arhanud di Karangploso, Malang, Kavaleri, Armed, Peralatan, Pembekalan dan Angkutan, Polisi Militer di Bandung, Zeni di Bogor, dan Kesehatan di Jakarta.


2. Prajurit Dua di TNI AL

Anggota TNI AL akan mendapatkan pangkat Prajurit Dua jika sudah menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK) di Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran Kodiklatal di Surabaya selama tiga bulan. Selanjutnya diteruskan dengan melanjutkan Sekolah Kejuruan Dasar Tamtama sesuai Korps masing-masing. Tamtama TNI-AL yang masuk jurusan Korps Marinir juga seorang Tamtama TNI-AL menyandang pangkat Kelasi Dua.


3. Prajurit Dua di TNI AU

Anggota TNI AU akan mendapatkan pangkat Prajurit Dua jika sudah menyelesaikanPendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Semata PK) di Kawah Candradimuka Skadron Pendidikan 404 Lanud Adisumarmo di Surakarta selama lima bulan. Selanjutnya di teruskan dengan Sekolah Kejuruan Dasar Tamtama sesuai Korps masing-masing.

Tidak hanya dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU saja, ada juga anggota TNI yang memiliki pangkat Prajurit Dua sebagai anggota TNI Komponen Cadangan (TNI-KC) setelah lulus Pelatihan Dasar Kemiliteran (Latsarmil KC) di satuan Pendidikan masing-masing 3 angkatan selama 3 bulan.

Setelah dilantik dan ditetapkan, maka akan kembali menjadi sipil sesuai dengan profesi masing-masing dan dapat dimobilisasi dengan persetujuan DPR dan Presiden.


Gaji dan Tunjangan Prajurit Dua

Kawan ingin menjadi bagian dari TNI dan penasaran berapa gaji serta tunjangan anggota TNI yang berpangkat Prada Dua? Yuk disimak di bawah ini dengan seksama!

Gaji dan Tunjangan Prajurit Dua diatur dalam Peraturan Pemerintah atau PP Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2001 tentang Peraturan Gaji Anggota Tentara Nasional Indonesia.


Adapun jumlah besaran gaji yang akan diterima oleh seorang Anggota TNI berpangkat Prajurit Dua sebesar Rp1.643.500 hingga Rp 2.538.100 sesuai dengan golongan dan kelas jabatannya. Sedangkan untuk tunjangan yang akan diterima akan disesuaikan dengan golongannya sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 102 Tahun 2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Gaji serta tunjangan anggota TNI ini akan mengalami kenaikan sesuai dengan kontribusi anggota untuk negara, lamanya pengabdian bekerja di institusi, prestasi yang didapatkan, serta jenjang pendidikan yang dimiliki.


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2023/07/31/mengenal-pangkat-prada-tni-dari-singkatan-gaji-hingga-tunjangan

Subscribes Channel Youtube Kami