Mengenal Pantukhir: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Tips Lolos Seleksi

  • Sabtu, 27 Januari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Selain seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan, psikotes, dan tes wawancara untuk masuk ke Akademi Militer (Akmil), Akademi Kepolisian (Akpol), dan sekolah kedinasan lainnya, harus melalui pantukhir. Pantukhir adalah akronim dari penilaian panitia penentu akhir.


Pantukhir disebut juga sidang penetapan kelulusan akhir dalam seleksi penerimaan. Pantukhir menjadi pintu terakhir yang akan menentukan nasib peserta tes, apakah akan berhasil masuk ke sekolah kedinasan yang dituju atau tidak.




Jenis-Jenis Pantukhir


Pantukhir adalah seleksi yang ditujukan untuk memantau perkembangan peserta sebelum diterima masuk ke akademi atau sekolah kedinasan. Pada seleksi pantukhir, hasil dari serangkaian tes sebelumnya dilihat kembali dan diuji kelayakannya.


Dikutip dari Panduan Lengkap Tes TNI POLRI Modul Materi Terlengkap oleh Dedy Gunarto (2015: 42), ada dua jenis proses pantukhir yang harus dilalui peserta, yaitu pantukhir daerah dan pantukhir pusat. Berikut masing-masing penjelasannya:


1. Pantukhir Daerah


Pantukhir daerah atau disebut juga pantukhirda (panitia penentu akhir daerah) merupakan bentuk tes akhir di daerah untuk menentukan kelayakan peserta. Pada tahapan pantukhir ini, jumlah yang akan diterima disesuaikan dengan jumlah kuota peserta.


Peserta yang lolos selanjutnya akan masuk ke tahapan pantukhir pusat. Hasil dari seleksi pantukhir daerah merupakan peserta yang siap dikirim untuk mengikuti seleksi pantukhir pusat dengan jumlah maksimal sesuai alokasi kirim.


2. Pantukhir Pusat


Pantukhir pusat atau disebut juga pantukhirpus (panitia penentu akhir pusat) merupakan tes yang mempertemukan seluruh panitia seleksi dengan peserta tes untuk dilihat kesesuaian atau hasil tes masing-masing bidang. Pada tahapan ini, bisa saja pemeriksaannya dilakukan oleh tim khusus yang ditunjuk untuk pemeriksaan akhir sebelum dinyatakan kelulusannya.Proses seleksi umumnya melibatkan pengawas eksteral, antara lain dari Dinas Kependudukan, Dinas Pendidikan, Komisi Kepolisian Nasional, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), kalangan perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, dan lain sebagainya.


Tips Lolos Seleksi Pantukhir


Bagi yang berhasil masuk ke tahap pantukhir, tes ini akan menjadi penentu keberhasilan peserta. Biasanya, panitia telah memegang peringkat nilai peserta berdasarkan tes-tes sebelumnya dan akan menilai berdasarkan sejumlah tes tersebut serta kondisi terkini.


Dalam seleksi pantukhir, peserta diharapkan memiliki penilaian yang lebih baik atau setidaknya sama dengan kondisi pada awal tes. Peserta yang kondisinya menurun, apalagi jika tidak didukung dengan nilai peringkat yang baik, akan mudah tereliminasi.


Tidak sedikit peserta yang gagal pada tahap ini. Menurut Isti Fina Indriana dalam Sistem Kebut Semalam Lolos Tes Masuk TNI-POLRI (2019: 7), persentase kegagalan pada tahap pantukhir sekitar 10-20 persen.


Oleh sebab itu, penting bagi peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes pantukhir. Berikut ini beberapa tips menghadapi seleksi pantukhir yang bisa dilakukan peserta.


1. Siapkan Mental dan Banyak Berdoa


Mental adalah faktor utama dalam tes ini. Peserta harus siap dalam menghadapi dan menerima keputusan apapun dari tim panitia pantukhir. Banyaklah berdoa sebelum hari penentuan dan jauhkan kondisi pikiran dari hal-hal yang mengganggu.


2. Jaga Kondisi Fisik


Peserta harus menjaga kondisi fisik agar tidak terlihat lemah, lesu, atau bahkan sakit di hadapan tim panitia pantukhir. Sering-seringlah melatih fisik, serta menjaga pola makan dan waktu istirahat agar tubuh terlihat segar.


3. Perbaiki Kekurangan


Inti dari seleksi pantukhir adalah kondisi yang lebih baik. Jadi, peserta diharuskan untuk berusaha memperbaiki kekurangan sebelum masa seleksi pantukhir.


Contohnya, jika dalam tes kesehatan ditemukan bahwa peserta mempunyai panu di dua titik, usahakan saat pantukhir sudah hilang atau berkurang satu titik, bukan malah bertambah banyak.



Nah bagi kamu ingin menjadi seorang taruna AKMIL, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL bisa bergabung bersama bimbel akses




Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL  bersama bimbel akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL 2024

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

6. Dibimbing sampai Lulus

Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sebagai taruna/i AKMIL bersama bimbel akses.

Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://kumparan.com/berita-hari-ini/pantukhir-pengertian-jenis-jenis-dan-tips-lolos-seleksinya-1yZhEudiC6R/2

Subscribes Channel Youtube Kami