Pendaftaran Polwan 2024 Segera Dibuka untuk Lulusan SMA dan Sarjana

  • Selasa, 30 Januari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Posisi Polwan atau Polisi Wanita 2024 dalam penerimaan anggota Polri segera dibuka. Pendaftarannya dilakukan melalui laman https://penerimaan.polri.go.id/.


Penerimaan Anggota Polri memuat 4 macam seleksi yakni Taruna Akpol, Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS), Bintara Polri, dan Tamtama.Namun, khusus Polwan, peserta hanya bisa memilih seleksi Akpol, SIPSS dan Bintara Polri. Karena Tamtama Polri hanya diperuntukkan bagi pria saja.


Untuk informasi lebih lanjut terkait pendaftaran Polwan 2024, berikut penjelasannya dikutip dari laman resmi Penerimaan Polri, Jumat (26/1/2024).




Jalur Seleksi Polwan 2024


1. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)


Penerimaan SIPSS merupakan perekrutan calon perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA). Kuota untuk tahun 2024 dibuka 100 orang pendaftar yang akan menjalani pendidikan di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah.


Seperti namanya, pendaftaran jalur ini diperuntukkan bagi lulusan sarjana program S1 dan S2 dari perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS). Sayangnya, pendaftaran untuk jalur seleksi ini sudah ditutup sejak 16 Januari 2024 lalu. Kini, SIPSS tengah memasuki tahapan sidang terbuka menuju Rikkes tahap II di tingkat panitia daerah.


2. Akpol


Akpol menerima calon Perwira Polri untuk menjadi Perwira Pertama Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA). Pada tahun 2023 lalu, kuota yang diberikan oleh Polwan menjadi taruni sebanyak 25 orang.


Nantinya, taruni akan melaksanakan pendidikan di Akpol Lemdiklat Polri Semarang, Jawa Tengah selama 4 tahun. Seleksi ini bisa diikuti oleh lulusan SMA/MA jurusan IPA/IPS dan bukan lulusan Paket A, B, dan C dengan ketentuan yang berlaku.


Bila melihat peraturan di tahun 2023 terkait penerimaan Akpol, jenjang kelulusan siswa SMA berjarak selama 4 tahun. Sehingga seharusnya, tahun ini penerimaan dibuka untuk lulusan tahun 2020, 2021, dan 2022.


Pendaftaran Akpol belum dibuka hingga saat ini, kemungkinan sekitar bulan April 2024.


3. Bintara Polri


Terakhir jalur yang bisa menerima Polwan adalah Bintara Polri. Bintara Polri yang menerima pendaftaran wanita terdiri dari Bintara Polisi Tugas Umum (PTU) dan Bakomsus Wanita serta Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Nakes).


Rekrutmen ini menghasilkan Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Pendidikannya lebih singkat yakni selama lima bulan dan khusus Polwan akan menjalani pendidikan di Sepolwan Jakarta.


Berbeda dengan Akpol yang khusus pendaftar lulusan SMA/MA, Bintara Polri membuka kesempatan untuk lulusan SMA/SMK/MA/MAK/sederajat, Sarjana Terapan, hingga S1. Pendaftaran Bintara belum dibuka hingga saat ini, kemungkinan sekitar bulan April 2024


Nah bagi kamu ingin menjadi seorang taruna AKMIL, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL bisa bergabung bersama bimbel akses




Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL bersama bimbel akses?


Berpengalaman selama 15 tahun.

Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota POLRI

Pengajar sangat berkompeten.

Materi terupdate tes AKMIL 2024

Fasilitas & sarana super lengkap.

Dibimbing sampai Lulus


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL bersama bimbel akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes sebagai taruna/i AKMIL bersama bimbel akses.

Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami



Referensi: https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-7161608/pendaftaran-polwan-2024-lulusan-sma-dan-sarjana-merapat-yuk

Subscribes Channel Youtube Kami