Perekrutan dan Jabatan TNI/Polri Akan Lebih Ketat

  • Jumat, 15 Maret 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Pemerintah menargetkan aturan turunan soal manajemen aparatur sipil negara atau ASN rampung akhir April 2024. Aturan tersebut bakal mempertimbangkan tata perekrutan dan jabatan ASN yang lebih fleksibel. Pada saat bersamaan, polisi dan anggota TNI yang menduduki jabatan ASN juga akan diseleksi lebih ketat lagi jika akan menempati posisi ASN.


Aturan baru soal manajemen ASN juga membahas jabatan sipil yang bisa diisi oleh anggota TNI dan Polri, serta sebaliknya. Menurut Anas, penerimaan aparat berseragam loreng dan coklat itu bakal diseleksi secara ketat serta menyesuaikan kebutuhan instansi.


”Tentu aturan ini bersifat resiprokal dan akan diseleksi secara ketat, serta disesuaikan dengan kebutuhan instansi yang bersangkutan dengan mekanisme manajemen talenta. Kami akan mendapatkan talenta terbaik dari TNI/Polri dan mereka pun dapatkan ASN terbaik,” ungkap mantan Bupati Banyuwangi 2016-2021 itu.

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Centra Initiative, Al Araf, berpandangan, tidak ada masalah khusus dan urgen dalam aturan turunan UU ASN. Namun, penempatan anggota TNI/Polri dalam jabatan sipil merupakan pengkhianatan terhadap reformasi. Hal itu juga sama dengan prinsip dwi fungsi Angkatan Bersenjata RI (ABRI) pada masa orde baru.


”Jadi, seleksi ketat itu tidak berpengaruh. Memberi peluang TNI/Polri aktif dalam UU ASN sudah salah dan mengkhianati reformasi. Aturan turunannya otomatis juga bermasalah,” tegasnya.

Bagi Araf, TNI/Polri seharusnya menempati posisi dalam bidang pertahanan dan keamanan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. TNI adalah alat pertahanan negara yang bertugas untuk menghadapi ancaman perang. Sementara Polri bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta penegakan hukum.

Dengan demikian, penempatan TNI/Polri menyalahi jati diri dan kompetensi mereka. Kondisi tersebut juga membuat suasana yang tidak baik dalam birokrasi sipil. ”Sistem promosi dan reward di pegawai sipil akan terganggu karena mereka bisa kalah oleh anggota TNI/Polri yang masuk di jabatan sipil. Juga, ada konflik ASN dan anggota TNI/Polri yang duduk di jabatan sipil,” tambahnya.

Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://www.kompas.id/baca/polhuk/2024/03/12/aturan-baru-rekrutmen-dan-jabatan-asn-lebih-fleksibel

Subscribes Channel Youtube Kami