Sekolah SMA Semi Militer Terbaik di Indonesia

  • Rabu, 3 April 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Sekolah SMA semi militer terbaik di Indonesia memiliki sistem pendidikan berkualitas. Serta menjadi rekomendasi bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan untuk berkarier di dunia militer.


Kombinasi antara kurikulum nasional umum dengan pelatihan kedisiplinan dan keterampilan militer menjadikan sekolah ini sebagai tempat ideal bagi calon taruna kepolisian atau TNI.

Berikut sekolah SMA semi militer terbaik di Indonesia dari catatan Okezone:


1. SMA Terpadu Krida Nusantara - Bandung


SMA Terpadu Krida Nusantara berada di Bandung, Jawa Barat berdiri pada 1996 dan diprakarsai oleh Alm. H. Karnaen Sukarnaprawira.

Sekolah dengan sistem boarding school ini sudah terakreditasi A. Kurikulum yang diterapkan yaitu kurikulum nasional dan kurikulum muatan lokal.



2. SMA Pradita Dirgantara - Boyolali


Berada di Boyolali, SMA Pradita Dirgantara, merupakan sekolah semi militer di bawah naungan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini). Selain menerapkan kurikulum nasional, SMA ini juga menerapkan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Cambridge. Siswa juga akan memperoleh pembinaan peminatan jalur profesi dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.


3. SMA Taruna Bakti - Bandung


Selain fokus pada pendidikan militer, SMA Taruna Bakti Bandung juga memberikan pendidikan akademis yang berkualitas. Sekolah militer yang sudah berdiri pada tahun 1960 menekankan 6 pilar edukasi yaitu religius, jujur, cerdas, disiplin, kerja keras, dan peduli sesama.


4. SMA Taruna Nusantara - Magelang


SMA Taruna Nusantara berada dibawah naungan Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan milik Kementerian Pertahanan. Selain kurikulum nasional, sekolah ini juga menerapkan kurikulum khusus. Siswa SMA Taruna Nusantara juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa dan proses seleksi tidak memerlukan biaya.


5. SMA Negeri Taruna Nala - Malang


Tidak sedikit lulusan SMA Taruna Nala memiliki karir cemerlang di dunia kemiliteran. Keberhasilan ini tidak lepas dari kurikulum yang diterapkan di dalam sistem pendidikan SMA Negeri Taruna Nala. Selain menerapkan kurikulum nasional, sekolah ini juga menerapkan kurikulum bela negara dan kemaritiman yang diampu oleh TNI AL.


6. SMA Taruna Bhayangkara - Banyuwangi


Siswa SMA Taruna Bhayangkar tidak hanya memperoleh pendidikan militer, tetapi juga pendidikan umum secara komprehensif. SMA Taruna Bhayangkar juga memiliki program unggulan yaitu ekskul kebangsaan. Tujuan dari ekskul ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada para siswa.


7. SMAN 3 Taruna Angkasa - Madiun


TNI AD bekerja sama dengan Pemprov Jatim untuk mengelola SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun. Sekolah ini menerapkan sistem pendidikan terpadu yang meliputi pengajaran, pelatihan jasmani, dan kurikulum khusus bela Negara dan kedirgantaraan. Dengan begitu membentuk peserta didik yang mampu menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.


Demikian daftar SMA semi militer terbaik di Indonesia.

Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://edukasi.okezone.com/read/2023/12/08/65/2934992/6-sekolah-sma-semi-militer-terbaik-di-indonesia?page=3 

Subscribes Channel Youtube Kami