4 Alasan Mengapa TNI dan Polri Tidak Boleh Mencoblos di Pemilu

  • Jumat, 9 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Pesta demokrasi yang dijadwalkan pada 14 Februari sudah di depan mata. Warga negara Indonesia yang telah memiliki hak pilih akan melakukan pencoblosan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024

.

Namun sebagian masyarakat mungkin bertanya-tanya, apakah TNI dan Polri boleh mencoblos di Pemilu? Berdasarkan kebijakan yang berlaku, aparat TNI serta Polri tidak boleh terlibat dalam urusan politik.


Begitu juga dengan kegiatan mencoblos saat Pemilu. TNI dan Polri tidak memiliki hak pilih dalam pemilihan umum tersebut.




Alasan TNI dan Polri tidak boleh mencoblos


Larangan TNI dan Polri tidak boleh mencoblos ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk menjaga dan menghindari hal-hal berikut.


1. Menjaga netralitas TNI dan Polri


TNI dan Polri merupakan alat negara yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.


Jika TNI dan Polri ikut mencoblos, dikhawatirkan mereka akan memihak kepada calon atau partai tertentu sehingga mengancam netralitas mereka.


2. Mencegah konflik kepentingan


Apabila TNI dan Polri ikut mencoblos, dikhawatirkan ada potensi timbulnya konflik kepentingan antara kewajiban mereka menjaga keamanan pemilu dan preferensi politik pribadi. Hal ini dapat mempengaruhi profesionalitas mereka dalam bertugas.


3. Menghindari politisasi TNI dan Polri


Dengan tidak memberi hak pilih, diharapkan TNI dan Polri bebas dari pengaruh politik apa pun. Sehingga fokus utamanya bisa melaksanakan tugas secara profesional dan tidak terpolitisasi.


4. Latar belakang sejarah


Selama Orde Baru, TNI dan Polri kerap dijadikan alat politik penguasa. Setelah reformasi, pembatasan hak pilih diterapkan dengan maksud untuk mencegah hal serupa terulang.


Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 




Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://www.cnnindonesia.com/edukasi/20240205105717-561-1058691/apakah-tni-dan-polri-boleh-mencoblos-di-pemilu-ini-penjelasannya

Subscribes Channel Youtube Kami