Tips Cara Mengatur Nafas Saat Berlari Untuk Hadapi Tes Kesamaptaan POLRI

  • Senin, 20 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Tips Cara Mengatur Nafas Saat Berlari

bimbeltnipolri.co.id - Dikutip dari certisindo.id TES SAMAPTA “A” (LARI 12 MENIT) Pelaksanaan tes lari 12 menit merupakan tes yang paling mudah karena tidak memerlukan tehnik atau keahlian khusus. Kita hanya dituntut untuk berlari selama 12 menit. Semakin jauh Anda berlari maka semakin besar pula nilai anda. Namun jangan heran bila dalam tes ini juga para peserta banyak yang tidak lolos. Peserta yang tidak mampu mencapai jarak 2400 meter dalam waktu 12 menit akan mendapatkan nilai yang kurang. Bahkan bisa tidak lulus apabila peserta lain banyak yang bisa menempuh jarak lebih dari 2400 meter. Oleh karena itu lebih jauh anda berlari akan lebih melebarkan kesempatan anda lolos dan dapat melanjutkan ke tes tahap berikutnya.

 

Lalu bagaimana tips cara mengatur nafas saat berlari untuk hadapi tes kesamaptaan POLRI ? seperti yang dikutip dari hellosehat.com berikut ini adalah tips cara mengatur nafas saat berlari :

 

 

7 Cara Ampuh Mengatur Napas Saat Berlari 

 

1. Pemanasan yang memadai


Lakukan pemanasan minimal 20 menit, misalnya berjalan atau jogging dengan kecepatan ideal. Pemanasan berfungsi mempersiapkan tubuh Anda sebelum melakukan olahraga yang secara bertahap akan meningkatkan denyut jantung dan laju pernapasan.

 

2. Lakukan teknik pernapasan yang tepat


Pernapasan yang salah dapat menjadi salah satu penyebab sesak dan cepat kehabisan napas saat berlari. Jika pernapasan Anda terlalu dangkal selama berlari, maka kondisi tersebut tidak akan efektif untuk pertukaran udara. Pernapasan perut biasanya digunakan sebagai teknik pernapasan saat lari yang efektif, ditandai oleh perut Anda yang bergerak naik-turun.

 

3. Coba berlari dalam ruangan


Berlari di luar ruangan atau di dalam ruangan sama-sama memiliki manfaat kesehatan yang besar. Anda bisa mencoba berlari dalam ruangan menggunakan treadmill di rumah atau gym, apabila takut kesulitan mendapatkan pertolongan jika kehabisan napas saat latihan.

 

4. Gabungkan berjalan dan berlari


Terlalu memaksakan diri juga bisa menjadi penyebab Anda kesulitan mengatur napas saat berlari. Beristirahatlah dengan berjalan sejenak saat berlari untuk memulihkan stamina dan memungkinkan Anda bernapas lebih baik.

 

Program Bimbel Akses

 

 

Join Now

 

5. Periksa postur dan gerakan tubuh


Postur tubuh yang ideal dapat membantu Anda bernapas lebih efisien dengan mencegah tekanan berlebih pada diafragma. Berlari dengan langkah panjang bisa membuat Anda melangkah lebih jauh dengan usaha yang minimal, sekaligus mengurangi tuntutan yang berkaitan dengan sistem kardiovaskular.

 

6. Bernapas melalui mulut


Alternatif cara bernapas yang benar ketika berlari adalah dengan menarik napas melalui mulut. Meski banyak yang menyarankan untuk bernapas melalui hidung demi mengontrol aliran udara, tetapi ketika berlari tubuh Anda akan menuntut asupan oksigen yang lebih besar dari volume oksigen yang disalurkan melalui hidung.

 

7. Berlari dengan kecepatan tepat


Jika Anda berolahraga untuk menurunkan berat badan, jangan terlalu bersemangat untuk lari sekencang-kencangnya. Cobalah lari atau jalan pada kecepatan yang dapat membuat Anda mampu bernapas lebih mudah.

 

Nah itu dia tips cara mengatur nafas saat berlari yang dikutip dari hellosehat.com semoga membantu kamu ya !

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes POLRI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes POLRI, berikut ini adalah program POLRI by bimbel akses :

 

Nah itu dia program POLRI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes POLRI semakin besar, daftar sekarang.

 

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

referensi :
- http://www.certisindo.id/blog/view/tips-sukses-samapta
- https://hellosehat.com/kebugaran/kardio/cara-mengatur-napas-saat-berlari/

Subscribes Channel Youtube Kami