15 Fasilitas Penunjang Pendidikan di Sekolah Akademi Militer

  • Jumat, 16 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Ternyata inilah lokasi sekolah Akademi Militer (Akmil) di Indonesia yang memiliki 15 fasilitas penunjang pendidikan. Akmil merupakan sekolah atau perguruan tinggi kedinasan milik pemerintah Republik Indonesia (RI) yang berada di bawah naungan Kementerian Pertahanan Nasional RI.


Akmil juga menjadi salah satu sekolah kedinasan terbaik dan favorit yang paling banyak diminati para siswa-siswi yang baru menuntaskan sekolah menengah atas.

Akmil berlokasi di Pulau Jawa, tepatnya di Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam fasilitas keren untuk menunjang pendidikan. Dilansir dari situs resmi akmil.ac.id, ada 15 fasilitas penunjang pendidikan di sekolah Akmil dengan rincian sebagai berikut.

1. Tempat Ibadah

Sekolah kedinasan Akmil Magelang ini menyediakan beragam tempat ibadah untuk agama berbeda yang ada di Indonesia. Diantaranya Masjid Al-Jihad, Pura Kawiswara, Gereja Imanuel, dan Gereja Katolik Ignatius Slamet Riyadi.

2. Ruang Makan dan Dapur

Ruang makan yang ada di Akmil Magelang diberi nama Ruang Makan Husen. Di ruang makan yang bernuansa putih ini tersedia begitu banyak fasilitas alat makan yang lengkap. Tak hanya itu, terdapat banyak kursi dan meja makan yang bernuansa merah putih di ruang makan tersebut.

3. Museum

Akmil menyediakan 2 jenis fasilitas museum dengan nama berbeda.

Pertama, Museum Abdul Djalil. Museum Taruna Abdul Jalil merupakan salah satu fasilitas pendidikan Akademi Militer yang menyediakan beragam koleksi yang mempunyai peranan cukup penting dalam proses pendidikan perwira dan taruna. Ada banyak patung dan benda-benda termasuk jenis senjata bersejarah yang terdapat pada Museum Abdul Djalil ini.

Kedua, Museum Paviliun 5. Museum Paviliun 5 Akmil memiliki slogan "Tempat Taruna Ditempa Menjadi Pemimpin Yang Teruji. Museum Paviliun 5 Akmil merupakan tempat tinggal bagi taruna Akmil yang dinilai berprestasi. Ada dua bagian di Museum ini yakni paviliun, A dan B yang terdiri atas ruang utama, dua kamar tidur, dan kamar mandi.

4. Perpustakaan

Seperti halnya sekolah kedinasan atau perguruan tinggi lainnya, Akmil juga memiliki perpustakaan untuk para pelajarnya. Perpustakaan Akmil juga menerapkan sejumlah tata tertib dan peraturan yang harus ditaati bagi siapapun yang ingin menggunakan fasilitas perpustakaan Akmil.

5. Sarana Olahraga

Akmil memiliki 2 jenis sarana olahraga, diantaranya sarana olahraga umum, dan sarana olahraga militer. Sarana olahraga umum terdiri dari Kolam Renang Pierre A. Tendean, Lapangan Sapta Marga, Lapangan Tenis Indor, Lapangan Tenis Out Dor, dan Lapangan Opstacle Run R.M Oetojo Notodirdjo. Sedangkan sarana olahraga militer terdiri dari Laboratorium Lapangan Tembak M. Socheh.

6. Laundry

Akmil juga menyediakan fasilitas laundry bagi para pelajar yang menimba ilmu di sana.

7. Air Minum

Akmil menyediakan fasilitas air minum dengan nama Sistem Penyediaan Air Minum Akademi Militer Magelang (SPAM AKMIL).

8. Mess Taruna

9. Poskodal Pendidikan

10. Posko Covid

11. Laboratorium

12. Pangan

13. Gedung

Sekolah Akmil menyediakan 5 gedung dengan nama-nama berbeda. Diantaranya Gedung Pertemuan, Gedung GSCL, Gedung Pokdo Korps, Gedung Rekreasi dan juga Gedung Sarpras Terpadu.

14. Lapangan

15. Kelas

Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 




Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://www.ayobandung.com/umum/7911173354/ternyata-inilah-lokasi-sekolah-akmil-punya-15-fasilitas-penunjang-pendidikan-keren-banget

Subscribes Channel Youtube Kami