Mengenal Korps Tempur TNI AD: Infanteri, Kavaleri, dan Artileri

  • Sabtu, 23 Maret 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

TNI Angkatan Darat (AD) memiliki tiga korps atau pasukan tempur. Mereka adalah Korps Infanteri, Artileri, dan Kavaleri. Prajurit yang memiliki spesialis infanteri, artileri, atau kavaleri bisa diketahui berdasarkan penyematan dalam pangkat dari prajurit tersebut. Singkatan untuk infanteri "Inf", kavaleri "Kav", sedangkan artileri bisa "Arm" atau "Arh". Ketiga pasukan itu memiliki peran masing-masing saat perang.


Infanteri Pasukan infanteri dikenal sebagai prajurit yang berjalan kaki dan bersenjata bedil. Pasukan ini disebut sebagai "queen of the battle" karena fungsinya sebagai pasukan penakluk dengan tugas menguasai kedudukan musuh. Prajurit Infanteri berada di paling depan saat bertempur.




Kavaleri Bertindak sebagai pendukung pasukan infanteri, pasukan kavaleri bertugas menyerang musuh dari lambung kiri atau kanan pertahanan musuh dan belakang.

 

Chappy Hakim dalam bukunya berjudul "Menjaga Ibu Pertiwi & Bapak Angkasa", dulunya pasukan kavaleri menggunakan kuda saat bertempur. Namun, seiring berkembangnya zaman, pasukan kavaleri sekarang menggunakan lapis baja seperti tank dan panser dengan tugas utamanya tetap, yakni menghancurkan satuan infanteri dan mendobrak pertahanan musuh.


Artileri Pasukan ketiga yaitu pasukan artileri yang menggunakan meriam untuk menghancurkan kedudukan musuh. Pasukan artileri berada jauh dari tempat kedudukan musuh. Saat pasukan infanteri kawan mendekati kawasan yang digempur, pasukan artileri akan menghentikan tembakan meriam untuk menghindari salah tembak serta memberikan kesempatan bagi pasukan infanteri menyelesaikan tugasnya. 


Dalam perkembangannya, tugas pokok pasukan artileri tidak hanya menembaki posisi kedudukan lawan, tetapi juga harus melayani serangan udara musuh yang mengancam kedudukan mereka. Oleh karena itu, pasukan artileri dibagi menjadi dua, yakni artileri medan "Arm" dan artileri pertahanan udara "Arh".


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 


Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini

Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi: https://nasional.kompas.com/read/2023/03/23/23383461/mengenal-korps-tempur-tni-ad-infanteri-kavaleri-dan-artileri

Subscribes Channel Youtube Kami