Tips Melatih Cara PUSH UP Yang Benar Untuk Tes Jasmani POLRI

  • Jumat, 17 Juni 2022
  • Redaksi Bimbel Akses

Ingin Tahu Cara Push UP yang Benar ? Simak Informasi Ini

bimbeltnipolri.co.id - Dalam tes Jasmani POLRI ada berbagai macam gerakan salah satu diantaranya adalah gerakan PUSH UP, lalu apa sih PUSH UP itu dikutip dari kompas.com Push-up merupakan salah satu bentuk aktivitas fisik untuk melatih kekuatan otot bagian atas. Adapun, sikap awal push-up yang benar yaitu badan tengkurap dan kedua tangan dilipat di samping badan. Push-up adalah latihan fisik yang memiliki banyak manfaat bagi kebugaran jasmani.

 

Lalu bagaimana tips melatih cara PUSH UP yang benar untuk menghadapi  tes jasmani POLRI ? seperti yang dikutip dari kepriau.com berikut ini adalah tips melatih cara PUSH UP yang benar untuk menghadapi  tes jasmani POLRI :

 

 

5 Tips Push Up yang Benar

 

1. sikap siap sedia berada diatas tangan bertumpu pada matras atau tanah sejajar bahu, kemudian kaki lurus tidak di tekuk dan jari kaki atau ujung sepatu bertumpu pada matras atau tanah. pandangan menghadap lurus kebawah atau di tolehkan kesamping tujuannya agar saat pelaksanaan hidung dan mulut tidak terbentur ketanah. sedangkan untuk wanita menggunakan tumpuan lutut.

 

2. saat posisi turun badan dan kaki serta perut sejajar, turun sama-sama tidak boleh bergelombang ataupun badan dulu turun kaki ditahan atau juga hanya perut yang turun bahu belakangan. gerakan ini tidak akan di hitung. yang di hitung adalah gerakan sama sama dari kaki perut dan dada di kunci dan turun sama-sama. saat turun dada atau perut tidak boleh menyentuh tanah , kurang lebih jaraknya 1 kepal. biasanya pada seleksi TNI Polri panitia menyiapkan meja yang sudah ada alat sensor atau tombol yang menghasilkan bunyi sehingga memastikan peserta saat melakukan gerakan turun tidak setengah-setengah. karena bagian dada akan menempel pada alat tersebut dan menghasilkan bunyi karena tertekan. ada juga alat yang praktis adalah mainan anak-anak yang bisa berbunyi cit..cit.. yang terbuat dari karet.

 

3. pada saat naik kembbali juga tidak boleh separoh. harus full, tangan lurus siku tidak bengkok, kaki dengan badan tetap sejajar. karena jika gerakan naiknya tidak sesuai maka panitia tidak akan menghitung meskipun anda sudah melakukannya sebanyak mungkin. untuk menghindari pekerjaan yang sia-sia maka laksanakan gerakan yang sesuai.

 

Program Bimbel Akses

 

 

Join Now

 

4. pada saat anda melaksanakan gerakan push up jangan ikut menghitung, karena panitia sudah ada yang menghitung. cukup kosentrasi pada gerakan anda agar tidak salah.

 

5. apabila di pertengahan anda kelelahan dan waktu belum selesai, panitia akan memberikan kebijakan kepada anda untuk beristirahat sebentar dengan posisi diatas, seperti saat siap sedia. dan setelah anda merasa mampu bisa diteruskan kembali. akan tetapi waktu tetap berjalan, sehingga gunakanlah waktu tersebut sebaik-baiknya agar mendapat jumlah push up yang maksimal secara benar.

 

Nah itu dia tips melatih cara PUSH UP yang benar untuk menghadapi  tes jasmani POLRI yang dikutip dari kepriau.com semoga membantu kamu ya !

 

Bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes POLRI secara maksimal kamu bisa bergabung dengan bimbel akses, mengapa harus bimbel akses ? karena bimbel akses telah berperngalaman selama 13 tahun, bimbel akses juga memiliki pengajar yang sangat berkompeten dan fasilitas sarana yang super lengkap, bimbel akses juga memiliki program yang sangat cocok bagi kamu yang ingin tes POLRI, berikut ini adalah program POLRI by bimbel akses :

 

Nah itu dia program POLRI dari bimbel akses, tunggu apa lagi segera bergabung bersama bimbel akses agar peluang kamu lulus tes POLRI semakin besar, daftar sekarang.

 

 

Konsultasi mengenai bimbel bersama education consultant bimbel akses,  chat disini.

 

Salam sukses !

 

Referensi :
- https://www.kompas.com/sports/read/2021/12/01/21000018/sikap-awal-push-up
- https://kepriau.com/cara-push-up-yang-benar-untuk-masuk-tni-polri/

Subscribes Channel Youtube Kami