Apa Itu Pantukhir Pada Seleksi Polri? Simak Penjelasannya

  • Senin, 18 Maret 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Seleksi Polri adalah proses perekrutan dan pemilihan calon anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Beberapa tahapan seleksi harus dilalui dan diakhiri dengan Pantukhir. Pantukhir adalah yang akronim dari penilaian panitia penentu akhir.


Rangkaian seleksi Polri dimulai dari pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, tes akademik hingga Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ).

Terakhir, calon siswa harus melewati tahapan Pantukhir. Pantukhir sebagai penilaian panitia penentu akhir disebut juga sebagai sidang penentu kelulusan akhir pada penerimaan Polisi.


Sidang Pantukhir menjadi titik penentu apakah calon siswa layak dan memenuhi syarat untuk menjalani pendidikan sebagai calon anggota Polri.


Terdapat dua jenis Pantukhir pada seleksi penerimaan Polri yakni Pantukhir tingkat daerah dan Pantukhir tingkat pusat.

1. Pantukhir Polri di Daerah

Pantukhir daerah adalah sidang penentu akhir yang dilakukan di masing-masing Polda.

Pada tahapan Pantukhir ini, jumlah yang akan diterima disesuaikan dengan jumlah kuota peserta yang kemudian akan dikirim untuk mengikuti seleksi pusat, khusus untuk jalur penerimaan AKPOL.


Sedangkan untuk jalur penerimaan Bintara dan Tamtama, Pantukhir daerah merupakan sidang penentu akhir untuk menentukan apakah calon siswa terpilih atau tidak untuk menjalani pendidikan sebagai calon anggota Polri.


2. Pantukhir Pusat

Pantukhir pusat merupakan lanjutan dari pantukhir daerah khusus untuk jalur penerimaan AKPOL. Pada tahap ini calon siswa AKPOL akan kembali bersaing dengan skala yang lebih besar. Yakni skala nasional untuk diseleksi menjadi taruna AKPOL.

Perlu diketahui bahwa untuk dinyatakan lolos terpilih pada sidang pantukhir penerimaan Polri, calon siswa harus mendapatkan nilai maksimal pada masing-masing tahapan seleksinya.


Hal ini dikarenakan semua nilai tahapan tes akan diakumulasikan dan dirangkingkan pada saat sidang Pantukhir.


Tips Lolos Seleksi Pantukhir

Dalam seleksi Pantukhir, peserta diharapkan memiliki penilaian yang lebih baik atau setidaknya sama dengan kondisi pada awal tes. Peserta yang kondisinya menurun, apalagi jika tidak didukung dengan nilai peringkat yang baik, akan mudah tereliminasi.


Tidak sedikit peserta yang gagal pada tahap ini. Oleh sebab itu, penting bagi peserta untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes pantukhir. Berikut ini beberapa tips menghadapi seleksi Pantukhir yang bisa dilakukan peserta.

1. Siapkan Mental

Mental adalah faktor utama dalam tes ini. Peserta harus siap dalam menghadapi dan menerima keputusan apapun dari tim panitia Pantukhir. Lakukan kegiatan yang menenangkan sebelum hari penentuan.

2. Jaga Kondisi Fisik

Peserta  harus menjaga kondisi fisik agar tidak terlihat lemah, lesu, atau bahkan sakit di hadapan tim panitia pantukhir. Jaga kebugaran dengan melatih fisik, serta menjaga pola makan dan waktu istirahat agar tubuh sehat dan fit.

3. Perbaiki Kekurangan

Di tahap akhir ini, peserta diharuskan untuk berusaha memperbaiki kekurangan sebelum masa seleksi Pantukhir. Misalkan ada kekurangan fisik yang bisa diperbaiki ditemukan pada tahap awal, di proses akhir ini kekurangan tersebut harus sudah hilang.

Seleksi Polri memang sangat selektif dan begitu ketat. Karena tujuan seleksi Polri adalah untuk mendapatkan calon anggota yang memiliki kemampuan, keahlian, dan integritas yang tinggi untuk menjalankan tugas-tugas kepolisian dengan baik. 


Bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami


Referensi https://kumparan.com/ragam-info/pengertian-pantukhir-pada-seleksi-polri-20jVbAveHos/full 

Subscribes Channel Youtube Kami