Apa Itu Tes Antropometri? Simak Penjelasannya

  • Rabu, 13 Maret 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Untuk menjadi bagian dari Polri ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah pemeriksaan Antropometri atau pengukuran ukuran tubuh bagi calon anggota Polri. Pemeriksaan Antropometri salah satu tahapan seleksi pemerimaan Polri, ini juga sangat penting dilakukan untuk memeriksa kondisi fisik calon anggota Polri


Dalam seleksi Polri terdapat proses yang panjang, setelah melewati tahap pendaftaran maka calon mahasiswa atau casis akan mengikuti tahap seleksi Polri. Dimana sistemnya adalah sistem gugur yaitu peserta yang gagal tidak dapat lagi mengikuti tahap selanjutnya. 


Antropometri merupakan ilmu yang mempelajari tentang dimensi tubuh seorang manusia. Dimensi tubuh manusia yang dimaksud mulai dari tulang, otot, dan jaringan adiposa. Antropometri sendiri tidak terfokus pada satu bidang saja, ada beberapa bidang yang juga memanfaatkan peran Antropometri. Bidang yang menggunakan antropometri meliputi desain arsitektur, furnitur, peralatan, mobil, tekstil, forensik, kesehatan, tidak terkecuali akademi Kepolisian. Tahapan panjang itu dilakukan untuk menguji kemampuan dan kompetensi sasis dalam bentuk kompetisi. Disajikan dalam bentuk kompetisi dengan tujuan mencari yang terbaik dari yang terbaik. Calon Polri dituntut untuk memahami dengan benar segala sesuatu yang diuji, sehingga harus dipersiapkan jauh-jauh hari.


Seperti disebutkan di atas, pemeriksaan antropometri penting dalam proses seleksi Polri karena ukuran tubuh penting sebagai kualifikasi. Polisi sering menghadiri acara formal yang mengharuskan tubuh tetap tegak, sehingga diperlukan postur tubuh yang kuat dan ideal. Melalui pemeriksaan antropometri, postur tubuh dan dimensi tubuh dapat diperiksa secara menyeluruh. Sehingga dapat dipilih dan ditemukan calon-calon Polri terbaik yang memenuhi standar postur tubuh yang ditetapkan oleh akademi Kepolisian. 


Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 



Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.

1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.

Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?

Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?

Hubungi Kami



Referensi: https://bengkulu.tribunnews.com/2023/04/07/apa-itu-antropometri-dan-apa-saja-tesnya-calon-taruna-polri-wajib-tahu-badan-tak-ideal-bisa-gugur

Subscribes Channel Youtube Kami