Mengenal Brimob: Pengertian, Sejarah, Peran dan Tugas

  • Rabu, 21 Februari 2024
  • Redaksi Bimbel Akses

Apa yang dimaksud dengan Brimob? Ini menjadi pertanyaan yang cukup banyak dicari. Mungkin masih belum banyak yang belum mengetahui betul tentang apa itu Brimob yang merupakan salah satu bagian dalam organisasi Polri.


Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Brimob, simak informasi berikut ini.




Pengertian Brimob


Brimob adalah singkatan dari Brigade Mobile. Brimob disebut juga Korps Brigade Mobile atau Korps Brimob. Dilansir dari laman resmi Korps Brimob, Korps Brimob adalah kesatuan operasi khusus Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi.


Satuan tertua dalam organisasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) ini lahir pada tanggal 14 November 1946. Korps Brimob banyak berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam menjaga keamanan dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai ancaman dan gangguan Kamtibmas seperti gerakan radikal bersenjata, aksi terorisme dan pengamanan unjuk rasa yang anarkis.


Sebagai pilar utama Polri dalam menghadapi kejahatan berintensitas tinggi, Korps Brimob Polri dituntut harus siap mengemban tugas dari ancaman dan gangguan keamanan yang saat ini masih terjadi.


Brimob Adalah Apa? Sekilas Sejarah Brimob


Seperti diketahui Korps Brimob adalah kesatuan operasi khusus Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi. Korps Brimob juga tentunya memiliki sejarah sendiri. Sebagaimana dilansir dari laman resminya, berikut sekilas sejarah Brimob.


Sejarah Brimob sendiri merupakan cikal bakal organisasi bentukan Jepang yang telah mengalami banyak sekali perubahan nama. Mulai dari Tokubetsu Keisatsu Tai, Polisi Istimewa, Mobrig (Mobil Brigade) dan Brimob (Brigade Mobil) kala itu peran Brimob mulai nampak ketika pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda menyerah tanpa syarat kepada Jepang.


Singkat cerita, setelah masa kemerdekaan Indonesia dan setahun lebih organisasi Polisi Istimewa yang merupakan cikal bakal berdirinya Polri, pada tanggal 14 November 1946 seluruh kesatuan Polisi Istimewa, Barisan Polisi Istimewa dan Pasukan Polisi Istimewa dilebur menjadi Mobile Brigade (Mobrig) atau sekarang terkenal dengan sebutan Brigade Mobile (Brimob).


Berdasarkan surat perintah Y. M. Menteri Kepala Kepolisian Negara No. Pol. 23 /61/ tanggal 12 Agustus 1961 ditetapkan bahwa pada tanggal 14 November 1961 adalah Hari Mobile Brigade yang ke-16. Saat itu pula Presiden RI secara resmi mengubah nama satuan ini dari Mobile Brigade menjadi Brigade Mobile (Brimob). Pengubahan nama itu dilakukan dengan alasan penyesuaian nama Brigade Mobile (Brimob) yang memiliki kaidah bahasa Indonesia.


Peran dan Tugas Brimob


Sebagaimana diketahui sebelumnya bahwa tugas utama Brimob adalah membina dan mengerahkan kekuatan guna menanggulangi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang berintensitas tinggi serta tugas lain dalam lingkup tugas pokok Polri dalam rangka pemeliharaan keamanan dalam negeri.


Tugas Korps Brimob Polri sebagai satuan pamungkas Polri yang khusus menangani kejahatan berintensitas tinggi dalam perubahan nomenklatur dan literatur itu telah tertuang dalam Perpres Nomor 5 Tahun 2017.


Adapun peran Brimob adalah melakukan manuver, baik secara individual atau dalam kelompok dengan daya gerak, daya tembak dan daya sergap untuk membatasi ruang gerak, melumpuhkan, menangkap para pelaku kejahatan beserta saksi dan barang bukti dengan cara : membantu, melengkapi, melindungi, memperkuat dan menggantikan satuan kepolisian yang ada.


Demikian informasi tentang Brimob. Jadi, Brimob adalah kesatuan operasi khusus Polri yang bertugas menanggulangi ancaman Kamtibmas yang berintensitas tinggi.


Nah bagi kamu ingin menjadi seorang anggota TNI/POLRI, dan bagi kamu yang ingin mempersiapkan tes AKMIL/AKPOL bisa bergabung bersama Bimbel Akses. 




Mengapa harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses?.


1. Berpengalaman selama 15 tahun.

2. Terbukti meloloskan ribuan peserta bimbel menjadi anggota TNI/POLRI

3. Pengajar sangat berkompeten.

4. Materi terupdate tes AKMIL/AKPOL

5. Fasilitas & sarana super lengkap.


Itu dia beberapa faktor mengapa kamu harus mempersiapkan tes AKMIL/POLRI  bersama Bimbel Akses, yuk buktikan diri kamu agar lulus tes AKMIL/POLRI bersama Bimbel Akses.


Kamu mau ikut kelasnya?


Daftar di sini


Punya pertanyaan lain?


Hubungi Kami



Referensi: https://news.detik.com/berita/d-6225412/brimob-adalah-apa-pengertian-sejarah-dan-tugas-brimob

Subscribes Channel Youtube Kami